Chemistry in Education
Vol 1 No 2 (2012): Terbit bulan Oktober 2012

METODE PEMBELAJARAN PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW STRATEGI CONCEPT MAPPING

Puspito, Yudha (Unknown)
Latifah, Latifah (Unknown)
Miswadi, Siti Sundari (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Oct 2012

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektivan metode  PQ4R  melalui strategi  concept mapping pada materi pokok struktur atom dan sistem periodik unsur dalam mengefektifkan hasil belajar siswa. Seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Kragan sebagai populasi dalam  penelitian ini dengan sampel yang terpilih secara acak yaitu  X-2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-3 sebagai kelas kontrol. Rancangan penelitian menggunakan control group pre test-post test design. Metode pengumpulan data dilakukan dengan tiga cara, yaitu metode dokumentasi untuk memperoleh analisis tahap awal, metode tes untuk mendapatkan hasil belajar aspek kognitif,  dan metode observasi untuk mendapatkan data hasil belajar aspek afektif dan psikomotorik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kisaran rata-rata hasil belajar pada kelas eksperimen yaitu 71,19-77,64 sedangkan pada kelas kontrol 66,02-71,85, dengan ketuntasan klasikal 86,84% pada kelas eksperimen dan 70,27% pada kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian  dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PQ4R dapat mengefektifkan hasil belajar siswa kelas X materi pokok struktur atom dan sistem periodik unsur di SMA Negeri 1 Kragan.

Copyrights © 2012