Education Journal : Journal Educational Research and Development
Vol 6 No 1 (2022)

PENGARUH PENGGUNAAN PERTUNJUKAN DRAMA TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA INGGRIS SMA NEGERI PAKUSARI

Dwi Suwita Kurniyanti (SMA Negeri Pakusari)
Asri Widiatsih (Universitas PGRI Argopuro Jember)



Article Info

Publish Date
29 Jan 2022

Abstract

Hipotesis penelitian ini adalah Ada pengaruh yang signifikan penggunaan pertunjukan drama terhadap kemampuan berbicara bahasa Inggris pada SMA Pakusari Tahun 2020/2021 Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, penelitian ini menggunakan teknik undian cluster random sampling dan berdasarkan hasil pengundian, kelas tingkat SMA laki-laki terdiri dari 16 siswa dan perempuan terdiri dari 18 siswa. Desain penelitian ini adalah pre-test and post test control group design. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan tes dan karena validitas tes menggunakan validitas isi, maka peneliti melakukan tes subjektif dengan memperhatikan kurikulum dan menghitung data. Peneliti menggunakan perhitungan t dengan menggunakan program SPSS pada skor siswa berbicara dalam role play, nilai t adalah 3,338 dengan probabilitas 0,003. Kemudian, mean dari eksperimen-kontrol adalah 1,370 dan standar deviasi 2,113. Skor siswa berbicara dalam role play menunjukkan bahwa probabilitasnya adalah 0,003 yang artinya nilai probabilitas lebih kecil dari tingkat signifikansi 0,05. Jadi sebaliknya, hipotesis nol (Ho) ditolak dan alternatif hipotesis (Ha) diterima.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ej

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Education Journal: Journal Educational Research and Development is an academic journal publishing researches related to education and instruction. The journal seeks studies having academic standards touching upon academic debates, problems and solutions related to educational issues. Education ...