Menara Ilmu
Vol 16, No 1 (2022): VOL. XVI NO.1 JANUARI 2022

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN THINK PAIR CHECK DI KELAS 9.3

Ruswinarsih, Ruswinarsih (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jan 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa penerapan metode pembelajaranThink Pair Check dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Inggris di kelas 9.3 di SMP Negeri 5 DumaiTahun Pelajaran 2019/2020. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitianini dilaksanakan di kelas 9.3 SMP Negeri 5 Dumai pada semester gasal tahun pelajaran 2019/2020.Penelitian ini dimulai pada bulan September 2019 hingga Oktober 2019. Subyek penelitian tindakankelas ini dilakukan di kelas 9.3. Jumlah siswa 32 orang, terdiri dari 14 laki-laki dan 18 perempuan.Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran Think PairCheck dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Inggris siswa kelas 9.3 di SMP Negeri 5 Dumai tahunpelajaran 2019/2020. Kemampuan siswa sebelum penelitian adalah 60,3 dengan kategori kurang baik.Hasil belajar siklus I pertemuan 1 adalah 74,1 dalam kategori cukup dan pada pertemuan kedua adalah76,6 dalam kategori cukup. Pada siklus II pertemuan 3 hasil belajar sebesar 80,6 dengan kategori baikdan pada pertemuan 4 sebesar 82,8 dengan kategori baik.Kata kunci: think pair check, kemampuan hasil belajar

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

menarailmu

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Computer Science & IT Education

Description

MENARA ILMU, Merupakan Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah yang Diterbitkan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat. Penyunting menerima kiriman naskah hasil kajian dan penelitian untuk bidang Eksakta, pendidikan/sosial dan Agama Islam untuk ...