DIKEMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat)
Vol 5 No 2 (2021)

Penguatan Kompetensi Guru Bahasa Inggris SD di Era New Normal: Pembelajaran Daring Phonics dan Vocabulary

Nadia Sari (UPI)
Indah Nurmahanani (Unknown)
Syifaul Fuada (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jan 2022

Abstract

Sejak dimasukan ke kurikulum pendidikan di sekolah dasar, pembelajaran bahasa Inggris menghadapi banyak tantangan. Diantaranya adalah tantangan sumber daya pengajar yang kompeten dan ketersediaan media pembelajaran. Di masa New Normal ini, tantangan pembelajaran daring pun muncul. Oleh karena itu, program pelatihan pembelajaran daring Phonics dan Vocabulary bagi guru sekolah dasar berusaha dihadirkan untuk menjawab tantangan tersebut. Pelatihan ini berbentuk webinar dalam Zoom Meeting yang disiarkan live di YouTube karena masih memperhatikan situasi pandemic setempat. Mitra sasaran adalah guru-guru di Kecamatan Purwakarta. Angket sebelum (pre-) dan sesudah (post-) acara diberikan untuk mengevaluasi pelaksanaan pelatihan ini. Dari angket diperoleh data bahwa guru-guru SD tersebut belum familiar dengan sumber pembelajaran daring Jollyphonics dan pembelajaran vocabulary melalui learningapps.org. Lebih lanjut lagi, kebutuhan dan antusiasme guru-guru sangat tinggi. Kegiatan ini telah mampu menambah pengetahuan dan meningkatkan keterampilan pembelajaran Bahasa Inggris guru-guru SD sebagai mitra sasaran tersebut.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

dikemas

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

DIKEMAS (Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat), with registered number ISSN 2581-1932 (online) is a scientific multidisciplinary journal published by Politeknik Negeri Madiun. It is at the national level that covers a lot of common problems or issues related to community services. The aim of this ...