Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton
Vol 8 No 1 (2022): Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton

Analisis Kesiapan Digitalisasi Sekolah Jenjang SMP di Kabupaten Sumbawa Barat

Hasanuddin Hasanuddin (Universitas Cordova)
Puryadi Puryadi (Universitas Cordova)
Agus Jayadi (Universitas Cordova)



Article Info

Publish Date
11 Feb 2022

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, membawa dampak besar bagi pelaksanaan pendidikan khususnya di Kabupaten Sumbawa Barat. Sekolah-sekolah dituntut untuk beradaptasi dan menyiapkan diri menuju digitalisasi sekolah yang merupakan program prioritas dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesiapan digitalisasi sekolah untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Sumbawa Barat. Metode yang dilakukan dalam penelitian kualitatif deskriptif dan kuantitatif. Adapun variabel yang diukur merupakan faktor kesiapan digitalisasi sekolah meliputi faktor kesiapan infrastruktur, faktor kesiapan guru serta faktor kesiapan siswa. Hasil dari penelitian ini diperoleh skor rata-rata 3.60 dari skala 1 – 5 (kategori Siap dengan sedikit perbaikan). Kesimpulan dari penelitian ini adalah sekolah-sekolah di Kabupaten Sumbawa Barat khususnya jenjang SMP telah siap untuk menerapkan digitalisasi sekolah dengan beberapa hal yang perlu ditingkatkan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi pemerintah daerah Kabupaten Sumbawa Barat untuk menyusun kebijakan terkait penerapan digitalisasi sekolah.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Pencerah

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

Sang Pencerah adalah jurnal Universitas Muhammadiyah Buton. Penerbitan jurnal tersebut, atas dasar untuk meningkatkan publikasi karya ilmiah baik dosen-dosen Universitas Muhammadiyah Buton maupun dosen-dosen di luar lingkup Universitas Muhammadiyah ...