Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 6, No 4 (2022)

Pengembangan Electronic Wordless Picture Book untuk Mengenalkan Social Justice pada Anak Usia 4-6 Tahun

Eka Oktavianingsih (endidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Trunojoyo Madura)
Siti Fadjryana Fitroh (endidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Trunojoyo Madura)



Article Info

Publish Date
20 Jan 2022

Abstract

Nilai social justice sangat penting dikenalkan sejak dini untuk menghindari berbagai macam persoalan perbedaan yang terjadi seperti bullying, ketidakadilan gender, dan intoleransi. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan electronic wordless picture book untuk mengenalkan  social justice pada anak usia 4 sampai 6 tahun, dan (2) menguji kelayakan electronic wordless picture book ditinjau dari aspek validitas dan efektivitas. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and development) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Sebanyak 30 anak usia 4 sampai 6 tahun di RA Muslimat NU Darun Najah ditentukan sebagai subjek penelitian menggunakan teknik sampling jenuh. Kelayakan electronic wordless picture book dilihat dari aspek validitas diperoleh melalui penilaian ahli media dan ahli materi, sedangkan aspek efektivitas diperoleh melalui observasi terhadap kemampuan social justice pada anak usia 4 sampai 6 tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa electronic wordless picture book telah layak ditinjau dari aspek validitas materi dengan kategori sangat baik, aspek validitas media dengan kategori sangat baik, serta aspek efektivitas dengan kategori baik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...