Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 6, No 4 (2022)

Analisis Model Pengembangan Bahasa Tulis Pada Anak di TK Pertiwi Krakitan IV Kecamatan Bayat Kabupaten Klaten

Mariati Mariati (Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta)
Muthmainah Muthmainah (Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta)
Indrawati Indrawati (Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
12 Feb 2022

Abstract

Stimulasi perkembangan bahasa tulis anak harus disesuaikan dengan usia perkembangan anak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model-model pengembangan bahasa tulis pada anak di TK Pertiwi Krakitan IV Kecamatan Bayat Kabupaten Klaten. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan rancangan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif dari Miles dan Huberman dengan komponen-komponennya, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Kesahihan data ditentukan dengan cara triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian di TK Pertiwi Krakitan IV Kecamatan Bayat Kabupaten Klaten, bahwa model perkembangan Bahasa tulis yang diterapkan pada anak adalah model perkembangan Bahasa tulis (Brewer, 2014) meliputi Scribbling Stage atau model tulisan coretan; Linear Repetitive Stage atau model tulisan pengulangan linear; Random-Letter Stage atau model tulisan huruf acak; Letter-Name or Phonetic, Writing atau fonetis tulisan; Transitional Spelling atau ejaan transisi; dan Conventional Spelling atau ejaan konvensional.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...