Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 6, No 4 (2022)

Analisis Literasi Digital Tenaga Pendidik pada Pendidikan Anak Usia Dini

Yesi Novitasari (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Lancang Kuning)
Mohammad Fauziddin (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai)



Article Info

Publish Date
07 Mar 2022

Abstract

Literasi digital kini menjadi faktor pendukung dalam kesuksesan dalam kegiatan pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), lebih lanjut tentu memberikan pengaruh baik dalam mendukung optimalisasi tumbuh dan kembang anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana literasi digital tenaga pendidik PAUD dalam empat indikator yaitu mengakses, menyeleksi, memahami dan mendistribusikan informasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi mencakup seluruh guru PAUD pada 8 lembaga di Gugus Mawar Kecamatan Rumbai Pesisir yang berjumlah 30 orang. Adapun teknik sampling menggunakan teknik total sampling yang mencakup seluruh guru PAUD di Gugus Mawar Kecamatan Rumbai Pesisir. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata literasi digital tenaga pendidik pada PAUD pada kategori cukup baik. Dengan demikian kompetensi literasi digital tenaga pendidik di PAUD harus ditingkatkan agar lebih baik dalam memanfaatkan perangkat digital dalam pembelajaran untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...