Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 6, No 4 (2022)

Kompetensi Guru dalam Penerapan Budaya pada Lembaga PAUD di Indonesia

Made Ayu Anggreni (Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya)
Syarif Sumantri (Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Jakarta)
Nurbiana Dhieni (Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Jakarta)
Karnadi Karnadi (Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
20 Feb 2022

Abstract

Faktor globalisasi menjadi salah satu faktor yang sangat berpengaruh terhadap kondisi internal Indonesia. Sekarang banyak budaya atau kebiasaan dan kepercayaan dari luar yang masuk ke Indonesia tanpa melalui penyaringan padahal seharusnya masyarakat dapat memilih mana yang baik dan mana yang buruk. Pendidikan yang berkualitas dapat menjadi benteng bagi anak-anak dari hal-hal negatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kompetensi guru dalam praktik penerapan budaya pada Lembaga PAUD di Indonesia. Metode penelitian dengan literature review dan menggunakan PRISMA Checklis dilakukan pada bulan Maret – Mei 2021 dan jurnal 20 tahun terakhir, sumber data sekunder artikel jurnal bereputasi baik nasional maupun internasional pada lima database dengan kriteria kualitas tinggi dan sedang, yaitu Scopus, Tandfonline, Research Gate, SagePub dan Schoolar dengan tema kompetensi guru dan tenaga pendidik terlibat menjadi pembelajar dari berbagai komunitas budaya di mana siswa mereka berasal, berkembang sebagai pendidik yang kompeten secara budaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru anak usia dini harus berkomitmen untuk mengembangkan pendidikan usia dini yang dapat terlibat dalam pedagogi yang adil dalam praktik pengajaran multikultural. Kualitas suatu pendidikan ditentukan dari berhasil tidaknya guru dalam menyampaikan materi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...