Jurnal Ilmiah Aquinas
Vol. 5 No. 1 (2022): Januari 2022

ANALISIS PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN APLIKASI WHATSAPP

Muhammad Rian Subekti (STKIP Persada Khatulistiwa)
Maria Bunda Laga Rosa Mystica Wuring (STKIP Persada Khatulistiwa)
Dwi Cahyadi (Unknown)
Warkintin Warkintin (STKIP Persada Khatulistiwa)
Bonifasia Asvita Viviyanti (STKIP Persada Khatulistiwa)



Article Info

Publish Date
05 Feb 2022

Abstract

Penelitian dilatar belakangi oleh pembelajaran daring menggunakan whatsApp pada masa pandemi COVID-19. Tujuan penelitian adalah menganalisis pembelajaran daring menggunakan whatsApp, kelebihan dan kekurangan pembelajaran daring menggunakan whatsApp serta bagaimana upaya kepala sekolah, guru, orang tua dan siswa dalam mengatasi kekurangan pembelajaran daring menggunakan whatsApp. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Berdasarkan penelitian proses pembelajaran daring dilakukan dengan cara panggilan video dan mengirimkan tugas di whatsApp grup. Kelebihan pembelajaran daring menggunakan whatsApp yaitu faktor evalusi yang meliputi efektivitas biaya, kenyamanan aplikasi dan kemampuan literasi digital guru. Kekurangan pembelajaran daring menggunakan whatsApp yaitu faktor teknis, faktor pedagogi, faktor teknologi dan faktor koneksi internet. Upaya yang dilakukan dalam menghadapi kesulitan tersebut, yaitu menyediakan wifi, memberikan tugas tambahan, mengajak orang tua membantu anaknya selama belajar, meminta peserta didik dan orang tua untuk menghubungi jika ada materi atau tugas yang tidak dipahami, mengikutkan peserta didik bimbel dan membeli paket internet sebelum belajar. Penelitian ini dapat dijadikan bahan referensi guru dalam mengajar, peserta didik hendaknya meningkatkan minat belajar, emosi orang tua dalam mendampingi anak belajar dan menjadi acuan untuk melihat pelaksanaan pembelajaran daring, kelebihan dan kekurangan pembelajaran daring serta bagaimana upaya kepala sekolah, guru, orang tua dan peserta didik dalam menghadapi kekurangan pembelajaran daring menggunakan whatsApp.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Aquinas

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Media publikasi ilmiah bidang Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Matematika, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Pendidikan Bahasa Inggris terbit dalam 2 (dua) kali setahun.Terbit Setiap Bulan Juli dan januari Setiap ...