JSIKTI (Jurnal Sistem Informasi dan Komputer Terapan Indonesia)
Vol 4 No 2 (2021): December

Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Kesenian Bali Berbasis Web Dengan Algoritma Fisher Yates Shuffle

I Putu Adi Pratama (Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2021

Abstract

Bali merupakan salah satu pulau di Indonesia yang terkenal dengan keindahaan alam dan juga kebudayaannya. Salah satu bagian yang mencerminkan budaya Bali adalah kesenian. Kesenian merupakan salah satu sarana untuk mengekspresikan rasa keindahan dari dalam diri manusia. Saat ini, banyak orang yang menyatakan penting mempelajari kesenian Bali, namun di era modern seperti saat ini pengetahuan mereka akan kesenian Bali masih sangat minim. Oleh karena itu, diperlukan media pembelajaran untuk mengatasi hal tersebut. Salah satunya adalah aplikasi media pembelajaran kesenian Bali berbasis website. Aplikasi pembelajaran kesenian Bali ini mampu melakukan pembagian soal secara acak, dengan mengimplementasikan algoritma fisher-yates shuffle. Algoritma ini mampu mengacak data yang bersifat dinamis. Pengujian aplikasi menunjukkan bahwa aplikasi mampu melakukan pengacakan soal dengan baik, sehingga dapat dikatakan aplikasi ini ini dapat berjalan dengan baik.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jsikti

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

data analysis, natural language processing, artificial intelligence, neural networks, pattern recognition, image processing, genetic algorithm, bioinformatics/biomedical applications, biometrical application, content-based multimedia retrievals, augmented reality, virtual reality, information ...