Pelaksanaan program Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan tanggung jawab korporasi dalam menjalankan bisnisnya. Bergerak dan melakukan kegiatan-kegiatan yang dapat mendorong masyarakat pada wilayah operasional perusahaan agar mendapatkan kesempatan dalam meningkatkan keseimbangan ekonomi dan kesejahteraan melalui program-program yang dilaksanakan. Penelitian ini bertujuan menganalisis hubungan keberhasilan program CSR dengan kemandirian masyarakat yang ditentukan oleh sikap partisipan dalam menanggapi proses pelaksanaan program. Tingkat keberhasilan program CSR dengan kemandirian masyarakat memiliki hubungan dengan kategori sedang, dilihat dari aspek manfaat, kesesuaian, keberlanjutan, dan partisipasi pada variabel keberhasilan program CSR dan kemandirian masyarakat dilihat dari kemandirian material, intelektual, kognitif, manajemen, dan nilai. Hubungan keberhasilan program CSR dengan kemandirian masyarakat berdasarkan hasil uji korelasi Rank Spearman terdapat hubungan yang signifikan antara keberhasilan program CSR dengan kemandirian masyarakat.
Copyrights © 2022