Jurnal Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat [JSKPM]
Vol. 6 No. 1 (2022): Februari

Pengaruh Media Sosial Instragram Terhadap Keputusan Berkunjung di Kopi Taji Lereng Bromo

Nafis Nuriz Zakiyah (Politeknik Pembangunan Pertanian Malang)
Gunawan (Politeknik Pembangunan Pertanian Malang)
Ugik Romadi (Politeknik Pembangunan Pertanian Malang)



Article Info

Publish Date
17 Mar 2022

Abstract

Fenomena media sosial merupakan dampak dari berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi, dengan membawa perubahan cara berkomunikasi dari konvensional menjadi modern yang serba digital. Media sosial memungkinkan pengguna mempresentasikan dirinya seperti berinteraksi, bekerja sama, berbagi dan berkomunikasi dengan penguna lain yang membentuk ikatan secara virtual sehingga mampu mempengaruhi seseorang dalam mengambil suatu keputusan. Penelitian ini dilakukan di Kopi Taji Lereng Bromo Desa Taji Kecamatan Jabung Kabupaten Malang pada bulan Maret – April 2021. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh dari media sosial Instagram terhadap keputusan pengunjung yang datang ke Kopi Taji Lereng Bromo. Metode yang digunakan adalah metode survei dengan cara menyebar kuesioner pada pengunjung. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Accidental Sampling pada pengunjung yang datang selama penelitian. Hasil analisis menunjukkan bahwa Media Sosial Instagram (X) memiliki pengaruh secara signifikan terhadap Keputusan Berkunjung (Y). Tulisan ini menyimpulkan bahwa seseorang dalam mengambil suatu keputusan untuk berkunjung juga dipengaruhi oleh penyebaran informasi melalui media sosial Instagram. Kata kunci: Instagram, Keputusan Berkunjung, Media Sosial

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jskpm

Publisher

Subject

Humanities Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

JURNAL SAINS KOMUNIKASI DAN PENGEMBANGAN MASYARAKAT [JSKPM] merupakan jurnal ilmiah nasional yang menyajikan artikel-artikel hasil penelitian, review dan editorial dalam ilmu sosiologi, antropologi, politik, komunikasi, ekologi manusia, psikologi sosial, agraria, kependudukan, pendidikan, ...