Jaminan kesehatan adalah jaminan berupa perlindungan kesehatan agar peserta memperoleh manfaat pemeliharaan kesehatan dan perlindungan dalam memenuhi kebutuhan dasar kesehatan. Data pasien BPJS di Rumah Sakit Tingkat II Kartika Husada Pontianak Periode Tahun 2015-2017, masih belum mencapai target 80%. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kepuasan pasien terhadap kualitas pelayanan administrasi BPJS di Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Tingkat II Kartika Husada Pontianak Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2018. Jenis penelitian menggunakan survei analitik dengan pendekatan cross sectional study. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien BPJS yang datang berobat ke Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Tingkat II Kartika Husada Pontianak berjumlah rata-rata 3.657 orang per bulan. Teknik pengambilan sampel menggunakan sistem accidental sampling sebanyak 97 orang. Analisis data menggunakan analisis univariat, bivariat dan multivariat dengan regresi logistik. Hasil penelitian dengan analisis bivariat diketahui nilai p-value untuk reliability (p=0,000), assurance (p=0,000), tangible (p=0,000), empaty (p=0,000) dan responsiveness (p=0,015). Hasil uji regresi logistik diketahui variabel responsiveness memiliki nilai Exp (B) terbesar (0,251). Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh reliability, tangible, empaty dan responsiveness dengan kualitas pelayanan administrasi BPJS di Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Tingkat II Kartika Husada Pontianak Tahun 2018 dan variabel yang paling signifikan memengaruhi kualitas pelayanan administrasi BPJS adalah variabel responsiveness.
Copyrights © 2018