Jurnal Pendidikan Sosial Keberagaman (JURIDIKSIAM)
Vol. 5 No. 2 (2018): JURNAL PENDIDIKAN SOSIAL KEBERAGAMAN

Hubungan antara Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Budaya Organisasi Sekolah dengan Motivasi Kerja Guru Madrasah Aliyah Swasta Se Kabupaten Lombok Tengah

Muhajirin Muhajirin (STIT Darussalimin NW Praya)
Wildan Wildan (Magister Administrasi Pendidikan Universitas Mataram)
Sukardi Sukardi (Magister Administrasi Pendidikan Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
15 Oct 2018

Abstract

Tujuan  penelitian  ini  adalah  untuk mengetahui  hubungan antara  gaya kepemimpinan kepala sekolah dan budaya organisasi sekolah, baik secara sendiri sendiri maupun secara bersama-sama dengan motivasi kerja guru MA sw asta se- Kabupaten  Lombok  Tengah.  Sampel  penelitian  sebanyak  97  guru  dari  3062 populasi yang ditentukan melalui teknik stratified proportional random sampling. Strata yang   dimaksud   adalah   guru  yang  sudah  sertifikasi  dan  belum.  Sedangkan proportional yang dimaksud  adalah dengan persentase dan untuk random dilakukan dengan  pengundian.  Variabel  bebas  dalam  penelitian ini adalah gaya kepemimpinan kepala sekolah (X1) dan budaya organisasi sekolah (X2), sedangkan variabel   terikatnya    adalah   motivasi   kerja   guru   (Y).   Data   dikumpulkan menggunakan angket motivasi kerja guru untuk variabel (Y), angket gaya kepemimpinan  untuk  variabel (X1) dan angket budaya organisasi untuk variabel (X2) dengan skala Likert. Pengujian hipotesis menggunakan teknik analisis regresi dan korelasi. Berdasarkan hasil temuan penelitian ini, disimpulkan bahw a terdapat korelasi yang positif dan signifikan antara gaya kepemimpinan kepala sekolah dan budaya  organisasi  sekolah,  baik  secara  sendiri-sendiri  maupun secara  bersama- sama dengan motivasi kerja guru MA sw asta sekabupaten Lombok Tengah.  AbstractThe purpose of this study w as to investigate the relationship betw een leadership style and organizational culture headmaster of the school, both individually and jointly  w ith private  MA teacher w ork motivation throughout Central Lombok regency. The research sample as many as 97 teachers from the 3062 population is determined through proportional stratified random sampling technique. Strata is a teacher w ho has been certified and has not. While the question is proportional to the percentage and to do w ith the random draw . The independent variables in this study is the principal's leadership style (X1) and school organizational culture (X2), w hile the dependent variable is a teacher w ork motivation (Y). Data w ere collected using a questionnaire for the teacher w ork motivation variable (Y), leadership style questionnaire for the variable (X1) and organizational culture questionnaire for the variable  (X2) w ith Likert scale.  Hypothesis  testing  using  regression analysis and correlation techniques. Based on these results it can be concluded that there is a positive  and  significant  correlation  betw een leadership  style and  organizational culture  headmaster of the school, either individually or jointly w ith private MA teacher w ork motivation Central Lombok Sekabupaten. Keywords : Organizational Culture , Leadership Style , Employee Motivation

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

juridiksiam

Publisher

Subject

Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Telaah teori mutakhir dan hasil penelitian dan pengembangan tentang Kurikulum, Bahan Ajar, Metode/Model, Media, dan Evaluasi Pembelajaran Ilmu-Ilmu Sosial dan Humaniora serta hasil telaah teori mutahir dan hasil penelitian substansi ilmu-ilmu sosial dan ...