Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan discovery learning berbantuan media slide program macromedia flash terhadap hasil belajar PPKn. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain nonequivlent control group design. Data hasil belajar sisw a diambil menggunakan soal tes berupa pilihan ganda yang sudah memenuhi persyaratan instrumen penelitian. Sampel penelitian ini adalah dua kelas, satu kelas kontrol dan satu kelas eksperimen, yang diambil secara simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahw a terdapat perbedaan hasil belajar PPKn antara kelas yang menerapkan model discovery learning berbantuan media slide program macromedia flash dengan yang menggunakan model pembelajaran konvensional, dengan nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi sehingga ada pengaruh model pembelajaran discovery learning berbantuan media slide program macromedia flash terhadap hasil belajar PPKn sisw a.AbstractThis research aimed to find out the impact of the discovery research based on the macromedia flash media slide program tow ards the Pancasila and Civil Education learning outcomes. It’s an “quasi experiment” research by using non equivalent control group design. The student’s learning outcomes is taken in the form of multiple choices questions, that has fulfilled the research requirements. The samples consist of two classes, one as a control group and the other as the experiment group, w hich taken by simple random sampling. The outcomes show ed that there are differences occurs betw een the class that implemented the discovery learning the macro media flash program compare to the conventional method. The experiment class show ed average grades higher than the control class.Keywords: Discovery Learning, Macromedia Flash, Learning Outcomes
Copyrights © 2018