Jurnal Pendidikan Sosial Keberagaman (JURIDIKSIAM)
Vol. 7 No. 1 (2020): JURNAL PENDIDIKAN SOSIAL KEBERAGAMAN

IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK BERBASIS PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN SOSIOLOGI KURIKULUM 2013

Najmul Hayati (Universitas Mataram)
Hairil Wadi (Universitas Mataram)
Suud Suud (Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
05 Mar 2020

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui implementasi pendekatan saintifik berbasis penguatan pendidikan karakter dalam pembelajaran Sosiologi kurikulum 2013 di SMA 1 Jonggat; (2) mengetahui kendala implementasi pendekatan saintifik berbasis penguatan pendidikan karakter dalam pembelajaran Sosiologi kurikulum 2013 di SMA 1 Jonggat; (3) mengetahui upaya-upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala dalam implementasi pendekatan saintifik berbasis penguatan pendidikan karakter dalam pembelajaran Sosiologi kurikulum 2013 di SMA 1 Jonggat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik penggumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menemukan (1) implementasi pendekatan saintifik berbasis penguatan pendidikan karakter dalam pembelajaran sosiologi diterapkan melalui tahapan mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasikan dan mengkomunikasikan dapat memunculkan beberapa karakter yang diantaranya gemar membaca, teliti, rasa ingin tahu, kreatif, berkomunikasi/ bersahabat, kerja keras, mandiri, jujur, tanggung jawab, peduli sosial dan menghargai prestasi; (2) kendala implementasi pendekatan saintifik berbasis penguatan pendidikan karakter dalam pembelajaran sosiologi dari internal yaitu rendahnya kapasitas intelektual, selain itu juga berasal dari internal guru yaitu labilnya emosi; (3) upaya menagatasi kendala implementasi pendekatan saintifik berbasis penguatan pendidikan karakter dalam pembelajaran sosiologi dengan menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi, kreatif dan menyenangkan bagi peserta didik.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

juridiksiam

Publisher

Subject

Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Telaah teori mutakhir dan hasil penelitian dan pengembangan tentang Kurikulum, Bahan Ajar, Metode/Model, Media, dan Evaluasi Pembelajaran Ilmu-Ilmu Sosial dan Humaniora serta hasil telaah teori mutahir dan hasil penelitian substansi ilmu-ilmu sosial dan ...