EDUSCOPE: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran, dan Teknologi
Vol. 7 No. 2 (2022): Volume 7 No. 2 Januari 2022

DESAIN MATERI AJAR BAHASA ARAB BERBASIS TEMA DI MI AL HIKMAH SIDOWAREK NGORO JOMBANG (Keterampilan membaca, menulis dan latihannya)

M. Dzikrul Hakim Al Ghozali (Universitas KH. A. Wahab Hasbullah)
Didin Sirojudin (Universitas KH. A. Wahab Hasbullah)



Article Info

Publish Date
11 Mar 2024

Abstract

Tulisan ini merupakan hasil penelitian dan pengembangan model bahan ajar bahasa Arab Madrasah Ibtidaiyah, menyimpulkan bahwa model bahan ajar bahasa Arab yang dibutuhkan siswa dan guru Madrasah Ibtidaiyah meliputi: terdiri dari empat keterampilan berbahasa yang seimbang, namun dalam pembelajarannya lebih menitikberatkan pada keterampilan produktif (qiro`ah dan kitab) saja. Agar menarik, bahan ajar bahasa Arab harus disertai dengan gambar yang berwarna-warni dan relevan dengan kehidupan sehari-hari siswa, serta setiap dokumen harus disertai dengan latihan-latihan yang cukup. Perancangan model Bahan ajar bahasa Arab yang dikembangkan dalam penelitian ini meliputi: (1) analisis kebutuhan, (2) proses penyusunan model meliputi analisis spesifik, kondisi pembelajaran yang menjadi tujuan dan analisis sumber belajar. , tahap pengembangan pembentukan kegiatan usaha, dan melakukan latihan. Semua elemen ini dibangun oleh peneliti dalam satu unit bahan ajar yang meliputi: isi dan latihan. Desain model materi pendidikan ini terbatas pada desain yang disusun atas dasar penelitian pendahuluan. Untuk menguji keefektifan keberhasilan materi ini terhadap kemampuan bahasa siswa, diperlukan penelitian lebih lanjut.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

eduscope

Publisher

Subject

Education

Description

EDUSCOPE: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran, dan Teknologi diterbitkan oleh Fakultas Ilmu Pendidikan dan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas KH. A. Wahab Hasbullah Jombang. Jurnal Eduscope memiliki tujuan untuk memberikan informasi-informasi dari hasil penelitian dan kajian ...