JEMMA | Journal of Economic, Management and Accounting
Vol 5, No 1 (2022): Maret 2022

Promosi Penjualan Melalui Instagram Pada Pstore Jakarta

Firstianty Wahyuhening Fibriany (Universitas Bina Sarana Informatika)
Dian Berliansyah Putra (Unoiversitas Bina Sarana Informatika)
Yumi Novita Dewi (Universitas Nusa Mandiri)
Muhammad Fajri Daryansyah (Universitas Bina Sarana Informatika)



Article Info

Publish Date
02 Mar 2022

Abstract

Peningkatan pengguna internet terutama saat pandemi pada media  meningkat secara signifikan. Hal ini memberikan peluang bagi para pelaku usaha untuk memanfaatkan fenomena yang ada, yaitu dengan menciptakan bisnis yang menggunakan media sosial sebagai media pemasaran nya. Dengan fenomena yang terjadi tersebut, penelitian ini bermaksud untuk melakukan penelitian terhadap adakah pengaruh Promosi Penjualan Melalui Media Instagram, sebagai salah satu media sosial terhadap Minat Membeli PStore yang ada di Jakarta. Jenis penelitian ini bersifat kuantitatif dengan metode survei dengan 96 responden dan metode Snowball Sampling. Alat analisis yang akan digunakan uji normalitas, uji linearitas, Uji Heteroskedastisitas, Uji T dan Uji F dengan menguji variabel dependen dan independen. Hasil data pemrosesan telah dilakukan terhadap faktor Promosi dan Minat beli. Faktor Promosi terdiri dari Isi promosi, waktu promosi dan kesesuaian promosi. Sedangkan minat beli dilihat dari Eksploratif, Transaksional, Referensional dan Preferensional. Berdasar pada hasil pengujian hipotesis, didapatkan Promosi Penjualan memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap minat beli. Hasil nilai f hitung = 110.362 dengan probabilitas nilai sig = 0,000. Nilai f hitung 110.362 > f tabel 3,090 atau nilai sig 0,000 < 0,05. Media promosi melalui Instagram memberikan dampak terhadap keputusan membeli pada PStore Jakarta.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jemma

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Industrial & Manufacturing Engineering

Description

Jurnal ini memiliki tujuan untuk meneliti pengaruh budaya organisasi dan lingkungan kerja terhadap loyalitas karyawan serta dampaknya pada kinerja karyawan di PT. Industri Kapal Indonesia (Persero) Makassar. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah kuesioner, observasi, dan dokumentasi. ...