Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh Lingkungan Keluarga terhadap Minat Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Siswa di SD Wilayah Kecamatan Murhum Kota Baubau; (2) Pengaruh Lingkungan Sekolah terhadap Minat Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Siswa di SD Wilayah Kecamatan Murhum Kota Baubau; (3) Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Lingkungan Sekolah terhadap Minat Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Siswa di SD Wilayah Kecamatan Murhum Kota Baubau. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jumlah sampel 186 siswa yang terdiri dari kelas IV dan V di seluruh SD Wilayah Kecamatan Murhum Kota Baubau. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner/angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Terdapat pengaruh lingkungan keluarga terhadap minat belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Siswa di SD Wilayah Kecamatan Murhum Kota Baubau dengan nilai probabilitas (Sig.) 0,004 lebih kecil dari 0,05, (2) Terdapat pengaruh lingkungan sekolah terhadap minat belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Siswa di SD Wilayah Kecamatan Murhum Kota Baubau dengan nilai probabilitas (Sig.) 0,000 lebih kecil dari 0,05, (3) Terdapat pengaruh lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah terhadap minat belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Siswa di SD Wilayah Kecamatan Murhum Kota Baubau. Besar kontribusi pengaruh ditunjukan oleh nilai R Square atau R2 sebesar 23,1% dan selebihnya sebesar 76,9%.Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Lingkungan Sekolah Terhadap Minat Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Siswa di SD Wilayah Kecamatan Murhum Kota Baubau.
Copyrights © 2022