Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Vol 5 No 2 (2021): Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Pengaruh Metode Tikrar Terhadap Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Pada Kelas B Di PAUD SPS Bhakti Pertiwi

sulis aryani (uin raden fatah palembang)
Mardiah Astuti (uin raden fatah palembang)
Fahmi Fahmi (uin raden fatah palembang)



Article Info

Publish Date
26 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian untuk mengetahui pengaruh metode tikrar terhadap kemampuan menghafal Al-Qur’an pada kelas B di PAUD SPS Bhakti Pertiwi. Subjek penelitian seluruh anak kelas B yaitu B1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 10 anak dan B2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 10 anak. Metode penelitian menggunakan metode penelitian kuantitatif tipe eksperimen dengan desain Quasi Eksperimental tepatnya bentuk desain “Nonequivalent Control Group Design”. Peneliti mengumpulkan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan menggunakan rumus uji t independent (tidak berpasangan). Hasil penelitian ditemukan bahwa terdapat pengaruh dari penggunaan metode tikrar terhadap kemampuan menghafal anak, yang mana dapat dilihat dari hasil analisis data setelah mendapatkan perlakuan nilai thitung = 3,873 dan ttabel = 2,10. Hal ini ternyata thitung > ttabel maka dapat diambil keputusan bahwa terdapat pengaruh metode tikrar terhadap kemampuan menghafal Al-Qur’an pada Kelas B di PAUD SPS Bhakti Pertiwi.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

raudhatulathfal

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini is a peer-reviewed journal which is published by PIAUD Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah Palembang. Then, the articles will be sent to the Mitra Bebestari/ peer reviewer and will go to the next selection by Blind Preview ...