cover
Contact Name
indah dwi sartika
Contact Email
indahdwisartika@radenfatah.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
raudhatulathfal@radenfatah.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota palembang,
Sumatera selatan
INDONESIA
Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini
ISSN : 25812793     EISSN : 25812793     DOI : -
Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini is a peer-reviewed journal which is published by PIAUD Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah Palembang. Then, the articles will be sent to the Mitra Bebestari/ peer reviewer and will go to the next selection by Blind Preview Process. Publishes biannually in June and December. This Journal publishes current original research on problems of early childhood, education, parenting, media, Islamic education, religion, humanities, and development (religion, social Emotional, physic, motoric, art, language, cognitive).
Arjuna Subject : -
Articles 77 Documents
EFEKTIVITAS MANAJEMEN KELAS KELOMPOK BERMAIN PADA PAUD BON THORIF PALEMBANG Amilda Amilda
Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol 1 No 1 (2017): Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Publisher : PIAUD Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Fatah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19109/ra.v1i1.1463

Abstract

Efektivitas manajemen kelas kelompok bermain pada PAUD Bon Thorif Palembang dimaksudkan untuk menciptakan proses pembelajaran efektif. Hal tersebut dilakukan dengan 1). Menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, 2). melakukan pengaturan sedemikian rupa pada waktu untuk melakukan aktivitas bagi anak ini dilakukan dengan pertimbangan fleksibelitas dan mengacu pada karakteristik anak, 3). Mengatur Ruang Kelas, dengan cara mengatur ruang kelas, posisi duduk, pengaturan perabot dan alat permainan, serta membagi ruangan. Adapun faktor yang mempengaruhi efektivitas manajemen kelas kelompok bermain pada PAUD Bon Thorif Palembang adalah 1). Lingkungan fisik yang tidak mendukung, Seperti: kondisi kelas yang gaduh karena aktivitas anak seperti megobrol, berselisih, berteriak dan lain sebagainya sehingga mengganggu aktivitas belajar dikelas, b). Terdapat anak tidak bisa tenang seperti berlari-lari di dalam kelas, dan anak-anak lainnya tampak berkeluyuran tanpa tujuan, c). Ruangan kelas yang kacau balau akibat aktivitas anak, d). Penempatan perabot yang tidak mempertimbangkan penggunaan oleh anak sehingga mengganggu aktivitas anak lainnya, 2) Lingkungan fisik yang mendukung seperti: Hasil pekerjaan anak-anak dipajangkan, tumbuhan hijau yang sehat di seluruh ruangan, poster berwarna-warni di dinding, dan gorden baru di jendela, ruangan diatur dalam area aktivitas yang berbeda, terdengar senandung berbicara dan tertawa, tetapi tidak ada teriakan, anak-anak sedang mengerjakan beberapa aktivitas yang diatur oleh para guru, material disimpan di atas rak terbuka yang rendah, dan anak-anak dapat menjangkaunya dengan mudah, fasilitas dan peralatan ditempatkan berdekatan dengan aktivitas yang akan dilakukan anak seperti kran air, ember, dan spons, anak-anak tampaknya benar-benar menikmati kegiatan pembelajarn dengan senang dan gembira, serta peran guru tampat sebagai fasilitator dan pembimbing dimana guru berupaya menasihati anak-anak dari suatu perubahan aktivitas ke bentuk aktivitas lainnya yang dirancang. Dengan demikian maka secara komprehensif dapat dikemukakan bahwa efektivitas manajemen kelas kelompok bermain pada PAUD Bon Thorif Palembang dimaksudkan untuk menciptakan proses pembelajaran efektif dengan cara melakukan perencanaan dengan mempertimbangkan karakteristik dan perkembangan anak.
INTERNALISASI SIKAP KEBERAGAMAAN SEJAK ANAK USIA DINI Ismail Ismail; Fahmi Fahmi
Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol 1 No 1 (2017): Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Publisher : PIAUD Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Fatah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19109/ra.v1i1.1473

Abstract

Anak di usia dini merupakan bagian yang sangat berharga, oleh karena itu diistilahkan dengan masa keemasan (golden age), masa ini tidak akan terulang untuk kedua kalinya. Tulisan ini membahas mengenai bagaimana internalisasi sikap keberagamaan yang harus kita berikan sejak anak berusia dini (usia 0-6 tahun). Karena dalam usia ini, kita dapat menanamkan nilai-nilai keimanan (tauhid), nilai ibadah dan juga nilai-nilai akhlak. Nilai-nilai tersebut jika diinternalisasikan sejak anak berusia dini, maka akan menjadi bekal bagi pertumbuhan dan perkembangan anak kelaknya. Karena nilai-nilai tersebut dapat membentuk sikap keberagamaan yang sesuai dengan nilai-nilai dasar Islam. Pendidikan Islam mampu melahirkan sikap keberagamaan dalam diri anak sejak usia dini, jika diinternalisasikan secara berkelanjutan. Karena pendidikan Islam merupakan sistem pendidikan yang menuntut untuk melatih anak didik agar memiliki nilai dan kepribadian yang sesuai dengan tuntutan agama
PARADIGMA HUMANISME PENDIDIKAN ISLAM PADA ANAK USIA DINI Indah Wigati; Muhtarom Muhtarom
Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol 1 No 1 (2017): Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Publisher : PIAUD Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Fatah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19109/ra.v1i1.1477

Abstract

Humanisme dalam pendidikan Islam merupakan proses humanisasi yang memperhatikan keunikan yang ada pada diri manusia. Karena keunikan manusia itu, dapat dibangun basis fundamental pembelajaran anak. Dengan demikian pendidikan Islam dituntut untuk dapat memperhatikan keunikan yang ada pada anak tersebut sehingga akan menjadikan pendidikan Islam lebih bermakna karena mempertimbangkan kondisi personal anak secara menyeluruh. Anak usia dini memiliki motivasi diri yang dimilikinya sejak lahir untuk menjadi mampu. Motivasi berkemampuan inilah yang kemudian dipandang sebagai dasar untuk mengembangkan pembelajaran yang berepusat pada anak, dengan menghargai seluruh proses perkembangan yang dimiliki oleh anak dan berkembang sesuai dengan ritme yang dimiliki masing-masing anak, dengan menciptakan lingkungan dan menyediakan peralatan yang menyediakan kesempatan pada anak untuk belajar dan berkembang.
PENTINGNYA MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK ANAK USIA DINI Herman Zaini; Kurnia Dewi
Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol 1 No 1 (2017): Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Publisher : PIAUD Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Fatah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19109/ra.v1i1.1489

Abstract

Media merupakan alat yang dapat digunakan sebagai perantara dalam menstimulasi semua aspek perkembangan pada anak usia dini baik aspek nilai moral dan agama, aspek fisik motorik, aspek bahasa, aspek sosial emosional, aspek kognitif maupun aspek seni. Dalam mesntimulasi aspek perkembangan anak usia dini harus disesuaikan dengan usia dan tahapan perkembanganya karena setiap anak walaupun memiliki usia yang sama tapi terkadang memiliki tahap perkembangan yang berbeda. Untuk merangsang semua aspek perkembangan anak usia dini tidak bisa lepas dari media pembelajaran karena bagi anak usia dini belajar dilakukan melalui bermain dengan menggunakan media pembelajaran baik media nyata, media audio, media visual, media lingkungan sekitar maupun media audio visual, sehingga kegiatan pembelajaran pada anak usia dini berjalan secara efektif
PERKEMBANGAN JASMANI DAN KESEHATANNYA BAGI ANAK USIA DINI DALAM LINGKUNGAN KELUARGA Tastin Tastin; Ali Murtopo
Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol 1 No 1 (2017): Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Publisher : PIAUD Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Fatah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19109/ra.v1i1.1522

Abstract

Keluarga merupakan buaian tempat anak usia dini melihat cahaya kehidupan untuk pertama kalinya. Anak usia dini merupakan masa dimana anak akan tumbuh dan berkembang secara pesat apabila dioptimalkan dengan sebaik-baiknya. Tumbuh kembang jasmani mesti dibarengi dengan kesehatan yang memadai.
PERAN ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI Sulastri Sulastri; Ahmad Tarmizi Ahmad Tarmizi
Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol 1 No 1 (2017): Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Publisher : PIAUD Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Fatah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19109/ra.v1i1.1526

Abstract

الابن الصالح حلم و أمنية كل أم و أب، الصلاح يكون بزرع الأخلاق الحميدة في الطفل منذ سنواته الأولى، و التربية الصلاحة لا تكن بالأوامر و القوانين بل يكتسبها الطفل مما حوله و يراها متجسدة في تصرفات والديه، ثم في البيئة المحيطة به، و في أغلب الحيان تكون طريقة التريبة فطرية بمعنى أن الصح و الخطأ أمور بديهية و لكنها في هذه الأيام أصبحت غير ذلك إذا اختلفت الموازيين اختلفت الآراء حول الصواب و الخطأ، فنجد كثير من الآباء والأمهات يبحثون عن طرق تريبة الأطفال و تنشأتهم تنشأه سوية، لذا نتعرف في الطور التالية على أفضل تلك الطرق و التي قد تكون هي الأنفع و الأصلح لأولدنا. هذه الحالة الوالدين محركا رئيسيا في تحسين إمكانات الأطفال وسيلة لتحفيز وتقديم التسهيلات المختلفة التي تحتاج إليها.
PENINGKATAN KREATIVITAS MELALUI BERMAIN KONSTRUKTIF lidia oktamarina
Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol 2 No 1 (2018): Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Publisher : PIAUD Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Fatah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19109/ra.v2i1.2233

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk menggambarkan proses dan hasil belajar melalui bermain konstruktif yang dapat meningkatkan kreativitas pada anak kelompok B RA Nurul Huda Tahun 2017. Subyek penelitian ini yaitu 10 orang anak. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan yang mengacu pada model Penelitian Tindakan Kelas Kemmis dan Mc. Taggart yang meliputi empat tahap: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari 6 kali pertemuan.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Analisis data kualitatif dan kuantitatif dengan statistik deskriptif yang membandingkan hasil yang diperoleh dari pra-intervensi, siklus I dan siklus II. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kreativitas anak melalui bermain konstruktif, dibuktikan dengan rata-rata skor kreativitas pada pra-intervensi sebesar 33, kemudian meningkat pada siklus I sebesar 51 dan siklus kedua sebesar 71. Kata Kunci: Kreativitas, bermain konstruktif, penelitian tindakan
PENINGKATAN KEMANDIRIAN ANAK MELALUI PEMBELAJARAN PRACTICAL LIFE DI TK ANNISA Izza Fitri
Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol 2 No 1 (2018): Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Publisher : PIAUD Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Fatah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19109/ra.v2i1.2234

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan hasil pembelajaran sebagai upaya meningkatkan kemandirian anak melalui pembelajaran practical life kelompok A di TK Annisa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Penelitian ini menggunakan desain Kemmis dan Mc Taggart. Setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengobservasian, dan perefleksian. Subjek penelitian adalah 12 anak kelompok A TK Annisa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: dengan teknik observasi, dan studi dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis secara diskriptif kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan dari penelitian ini adalah apabila persentase kemampuan kemandirian anak mencapai ≥75%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemandirian anak melalui pembelajaran practical life dapat meningkat. Peningkatan kemandirian pada anak pra tindakan diperoleh nilai rerata 75,50% dengan persentase 55.45%, pada siklus I diperoleh rerata 96.58% dengan persentase 72.88%, pada siklus II diperoleh rerata 79,00% dengan persentase 83.66%. Pembelajaran practical life dapat menjadi solusi untuk meningkatkan kemandirian anak TK kelompok A usia 4-5 tahun. Kata kunci: kemandirian, practical life, taman kanak-kanak usia 4-5 tahun
DAMPAK PENGASUHAN TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK Elsa Cindrya
Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol 2 No 1 (2018): Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Publisher : PIAUD Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Fatah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19109/ra.v2i1.2235

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mendeskripsikan konsep pengasuhan yang diterapkan pada anak usia dini, (2) Mendeskripsikan dampak pengasuhan pada perkembangan anak usia dini, (3) Mendeskripsikan dampak pengasuhan terhadap perkembangan sosial anak usia dini. Subjek Penelitian anak usia dini yang berjumlah 3 orang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi deskriptif. Analisis data yang digunakan yaitu model Miles dan Huberman. Data penelitian ini diperoleh dari observasi, dokumentasi, dan pembuatan catatan lapangan. Hasil temuan penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Bentuk pengasuhan anak yang diterapkan orang tua mayoritas menggunakan gaya didikan yang keras dan pemaksaan yaitu Incubator “Hothouse” Parenting, (2) Perkembangan sosial anak sangat dipengaruhi oleh proses perlakuan atau bimbingan orang tua terhadap anak dalam mengenalkan berbagai aspek kehidupan sosial atau norma-norma kehidupan Kata Kunci: pengasuhan, sosial, anak usia dini
PENGEMBANGAN BUKU PERCOBAAN SAINS SEDERHANA BERBASIS KARAKTER UNTUK ANAK USIA 5-6 TAHUN Qorina Widadiyah
Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol 2 No 1 (2018): Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Publisher : PIAUD Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Fatah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19109/ra.v2i1.2236

Abstract

Pengembangan buku percobaan sains sederhana merupakan salah satu buku dengan guna membantu anak dalam kegiatan bermainnya. Percobaan sains anak usia 5-6 tahun ini diteliti sebagai upaya untuk membiasakan anak bekerja keras untuk memperoleh pengetahuan. Melalui buku percobaan sains ini, diharapkan dapat menembangkan karakter anak usia 5-6 tahun. Buku yang dapat mendukung proses kegiatan bermain anak ini memiliki pokok bahasan warna dan perubahannya. Tujuan dari peneltian ini adalah mengembangkan buku percobaan sains sederhana pokok bahasan warna dan perubahannya dengan objek penelitin anak usia 5-6 tahun. Bentuk penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah deskriptif dengan analisis data secara kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah Reserch and Development. Hasil dari penelitian buku percobaan sains sederhana memenuhi kriteria valid dengan hasil uji ahli materi mencapai tingkat kevalidan 90%, ahli media mencapai 95%, ahli mata pelajaran mencapai 92,5%, dan hasil uji coba lapangan mencapai 97,2%, hasil belajar anak rata-rata nilai pre-test 61,93 dan nilai post-test 86,5. Pada uji-t manual dengan tingkat kemaknaan 0,05 diperoleh hasil t hitung ≥ t tabel yaitu 4, 493 ≥ 1,071 artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga, terdapat perbedaan yang signifikan terhadap buku percobaan sains sederhana yang dikembangkan. Hal ini menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan memiliki kualifikasi tingkat kevalidan yang tinggi, sehingga buku percobaan sains sederhana layak digunakan dalam kegiatan bermain. Kata Kunci: pengembangan, buku, percobaan sains sederhana, pendidikan karakter, anak usia 5-6 tahun.