Unnes Journal of Mathematics Education
Vol 4 No 2 (2015): Unnes Journal of Mathematics Education

KEEFEKTIFAN MODEL PBL DENGAN MIND MAP MELALUI HANDS ON ACTIVITY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA

Ramadhani, Istika (Unknown)
Mariani, Scolastika (Unknown)
Waluya, St. Budi (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Aug 2015

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran model PBL dengan mind map melalui hands on activity terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 7 Semarang Tahun Ajaran 2014/2015. Pemilihan sampel dengan menggunakan cluster random sampling, diperoleh siswa kelas VII G sebagai kelas eksperimen1, kelas VII E sebagai kelas eksperimen 2, dan kelas VII C sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen 1 diberikan pembelajaran model PBL dengan mind map melalui hands on activity, kelas eksperimen 2 diberikan pembelajaran model PBL dengan mind map, dan kelas kontrol diberikan pembelajaran model ekspositori. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir kreatif dan lembar pengamatan aktivitas siswa. Data dianalisis dengan uji proporsi, uji beda rata dengan anava, uji lanjut LSD, dan uji regresi. Hasil penelitian adalah (1) kemampuan berpikir kreatif siswa pada kelas eksperimen 1 dapat mencapai kriteria ketuntasan belajar; (2) kemampuan berpikir kreatif siswa pada kelas eksperimen 2 dapat mencapai kriteria ketuntasan belajar; (3) terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif antara siswa pada kelas eksperimen 1, eksperimen 2, dan kelas kontrol. (4) terdapat pengaruh positif dari aktivitas belajar siswa pada kelas eksperimen 1 terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

ujme

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Unnes Journal of Mathematics Education (UJME) publishes research issues on mathematics education. The UJME processes manuscripts resulted from a research in mathematics education scope, which includes, but is not limited to the topics of didactic development research (DDR), research and development ...