Syntax Literate : Jurnal Ilmiah Indonesia
Jurnal Ilmiah Indonesia

Efektivitas Media Pembelajaran Augmented Reality dalam Blended Learning

Iman Nasrulloh (Institut Pendidikan Indonesia Garut, Indonesia)
Taufik Ridwan (IAI Bunga Bangsa Cirebon, Jawa Barat, Indonesia)
Syarif Hidayat (Institut Pendidikan Indonesia Garut, Jawa Barat, Indonesia)



Article Info

Publish Date
05 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan augmented reality pada blended learning dan mengetahui perbandingan efektivitas antara penggunaan augmented reality dengan online learning dalam pencapaian tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Metode penelitian yang digunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian quasi eksperimen. Hasil penelitian menunjukan penggunaan augmented reality pada blended learning lebih efektif dibandingkan online learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran teknologi jaringan siswa kelas XI di SMK Mandiri. Kemampuan akhir yang diperoleh siswa pada kelompok eksperimen yang menggunakan augmented reality lebih tinggi dibandingkan siswa pada kelompok control yang menggunakan online learning. Capaian rata-rata hasil belajar siswa pada kelompok eksperimen telah melampaui KKM sebagai standar keberhasilan dalam aktivitas belajar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

syntax-literate

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Pandemi Covid-19 ini menyebabkan terjadinya pencurian di berbagai daerah di Indonesia. Banyak pencuri melakukan tindakan mencuri karena kekurangan uang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya akibat pandemi Covid-19. Hal tersebut membuat aparat harus memberikan sanksi kepada pencuri. Permasalahan dalam ...