Beban Ganda Malnutrisi merupakan permasalahan global yang mempengaruhinegara kaya maupun miskin. Kelebihan berat badan dan kekurangan berat badanmerupakan penyakit multifaktoral yang dipengaruhi oleh faktor internal daneksternal. Faktor internal bisa berupa kelainan genetik dan kelainan endokrin,sedangkan faktor eksternal bisa berupa pengetahuan, gaya hidup, dan lingkungan.Kualitas gizi yang tidak seimbang akan berdampak pada pertumbuhan fisik yangtidak optimal, mempengaruhi reproduksi, dan mempengaruhi kognitif. Penelitianini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan gizi seimbang melalui mediavideo animasi terhadap peningkatan pengetahuan gizi seimbang pada remaja.Metode: Metode penelitian ini adalah Quasi eksperimental dengan rancanganpenelitian Non Equivalent Control Group Design. Jumlah sampel sebanyak 42siswa dengan teknik pengambilan sampel Purposive Sampling. Variabel bebasadalah pendidikan gizi seimbang yang diberikan sebanyak 3 kali pertemuan (satuminggu satu pertemuan) dengan metode penyuluhan menggunakan mediaaudiovisual yaitu video animasi. Variabel terikatnya adalah pengetahuan giziseimbang. Instrumen yang digunakan yaitu kuisioner dan video animasi. Analisisdata menggunakan uji Wilcoxon. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan pengetahuanremaja meningkat 100% denga p value = 0.000 (<0,05). Kesimpulan: Data tersebutmenunjukkan bahwa terdapat pengaruh edukasi gizi seimbang melalui videoanimasi terhadap peningkatan pengetahuan gizi seimbang pada remaja
Copyrights © 2022