MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology
Vol 6, No 2 (2021): DECEMBER

Penerapan Model ARIMAX-GARCH dalam Pemodelan dan Peramalan Volume Transaksi Uang Elektronik di Indonesia

Christopher Andreas (Universitas Airlangga)
Sediono Sediono (Program Studi Statistika, Departemen Matematika, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Airlangga, Surabaya, Indonesia)
Elly Ana (Program Studi Statistika, Departemen Matematika, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Airlangga, Surabaya, Indonesia)
Suliyanto Suliyanto (Program Studi Statistika, Departemen Matematika, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Airlangga, Surabaya, Indonesia)
M. Fariz Fadillah Mardianto (Program Studi Statistika, Departemen Matematika, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Airlangga, Surabaya, Indonesia)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2021

Abstract

Di era ekonomi digital, berbagai aktivitas ekonomi telah banyak memanfaatkan penggunaan uang elektronik. Penggunaan uang elektronik memberi berbagai dampak positif terhadap perekonomian dan pertumbuhan ekonomi. Untuk itu, perkembangan ekonomi digital terus didorong dalam upaya untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi seperti salah satu pilar tujuan dari Sustainable Development Goals (SDGs). Hal ini menunjukkan bahwa pemodelan dan peramalan volume transaksi uang elektronik sangat penting untuk dilakukan karena volume transaksi uang elektronik tersebut merupakan salah satu indikator perkembangan ekonomi digital di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan model statistika yang memiliki akurasi tinggi guna meramalkan volume transaksi uang elektronik di Indonesia. Dalam hal ini, pemodelan dilakukan dengan mempertimbangkan dua variabel eksogen yaitu infrastruktur uang elektronik dan kondisi pandemi Covid-19. Penelitian ini dilakukan dengan melakukan analisis data berdasarkan data yang bersumber dari Bank Indonesia. Dengan menerapkan model ARIMAX-GARCH, diperoleh model statistika yang memiliki akurasi tinggi dalam meramalkan volume transaksi uang elektronik di Indonesia. Hal ini ditandai melalui nilai Mean Absolute Percentage Error (MAPE) sebesar 11,33%. Selain itu, kedua variabel eksogen yaitu infrastruktur uang elektronik dan kondisi pandemi Covid-19 berpengaruh signifikan terhadap volume transaksi uang elektronik di Indonesia. Penelitian ini bermanfaat sebagai landasan dalam melakukan evaluasi kebijakan terkait perkembangan ekonomi digital khususnya penggunaan uang elektronik di Indonesia.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

matematika

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Mathematics

Description

MUST is a journal of mathematics education, science, and technology published by the Faculty of Teacher Training and Education, Muhammadiyah University of Surabaya. This journal focuses on the publication of research results and scientific articles on mathematics education, science, and technology. ...