Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi
Vol. 8 No. 1 (2022): Januari 2022

Latihan Kekuatan Otot Ekstremitas Bawah dengan Permainan Modifikasi terhadap Kelincahan Anak Perempuan Umur 8-12 Tahun dengan Indeks Massa Tubuh Overweight

Ni Luh Putu Erika Putri Indrayani (Program Studi Fisioterapi Fakultas Kesehatan, Sains, dan Teknologi Universitas Dhyana Pura)
Indah Pramita (Program Studi Fisioterapi Fakultas Kesehatan, Sains, dan Teknologi Universitas Dhyana Pura)
Luh Putu Ayu Vitalistyawati (Program Studi Fisioterapi Fakultas Kesehatan, Sains, dan Teknologi Universitas Dhyana Pura)



Article Info

Publish Date
28 Jan 2022

Abstract

Kelincahan merupakan kemampuan seseorang dalam merubah arah secara cepat dan efektif saat bergerak ataupun berlari. Kelincahan dipengaruhi oleh berat badan dimana berat badan yang berlebihan secara langsung akan mengurangi kelincahan. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui pengaruh latihan kekuatan otot ekstremitas bawah dengan permainan modifikasi terhadap kelincahan anak perempuan umur 8 sampai 12 tahun dengan indeks massa tubuh overweight. Rancangan penelitian ini menggunakan metode Pre-Eksperimental dengan one group pre-test and post-test. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah latihan kekuatan otot dengan permainan modifikasi dan Variabel terikat adalah Kelincahan. Penentuan sampel menggunakan kriteria inklusi, eksklusi dan drop out. Penelitian dilakukan selama 4 minggu. Nilai rata – rata kelincahan sebelum dilakukan latihan kekuatan otot dengan permainan modifikasi adalah 17,35 detik yang menandakan kelincahan dalam kategori kurang, sedangkan nilai rata – rata kelincahan sesudah dilakukan latihan kekuatan otot dengan permainan modifikasi adalah 15 detik yang menunjukan kelincahan dalam kategori sedang. Selisih peningkatan kelincahan sebesar 13,54%. Dianalisis dengan uji paired t-test dengan hasil nilai p adalah 0,000 dimana nilai p<0,05 maka hasil uji signifikan. Hasil uji juga memiliki arti adanya perubahan kelincahan sesudah diberikan latihan kekuatan otot dengan permainan modifikasi pada anak perempuan dengan indeks massa tubuh overweight. Kesimpulan yaitu latihan kekuatan otot ekstremitas bawah dengan permainan modifikasi dapat meningkatkan kelincahan anak perempuan umur 8-12 tahun dengan indeks massa tubuh overweight.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpkr

Publisher

Subject

Education Health Professions Medicine & Pharmacology Physics Public Health

Description

Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi adalah jurnal pendidikan dan kesehatan yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi FKIP Universitas PGRI Mahadewa Indonesia. Jurnal ini terbit dua kali dalam setahun, yaitu bulan Januari dan Juni. Memuat tulisan berbahasa Indonesia ...