JURNAL PENDIDIKAN GLASSER
Vol 6, No 1 (2022)

ANALISIS MODEL SISTEM PENILAIAN KINERJA GURU SMP NEGERI SE KECAMATAN LIMBOTO

Frista Iin Wahyuni (Universitas Bina Mandiri Gorontalo)
Dini Ariyasanti (Universitas Bina Mandiri Gorontalo)
Imam Mashudi (Universitas Bina Mandiri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
16 Feb 2022

Abstract

Salah satu program peningkatan kualitas dalam bidang pendidikan ialah pelaporan program penilaian kinerja guru (PKG) yang berfungsi untuk menilai kemampuan guru, dan untuk menghitung angka kredit guru atas kinerjanya. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menganalisa Model Sistem Penilaian Kinerja Guru SMP Negeri Se Kecamatan Limboto, dan 2) Menganalisis faktor yang mempengaruhi sistem penilaian kinerja guru SMP Negeri Se Kecamatan Limboto. Dalam pelaksanaanya Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Teknik wawancara melalui google. Teknik analisis data yang digunakan adalah model interaktif dari Milles dan Huberman yang terdiri dari 3 proses yaitu pengumpulan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Model sistem penilaian kinerja guru di SMP Ngeri se Kecamatan Limboto dilakukan dengan 2 (dua) model yaitu Sistem kinerja menggunakan aplikasi e-kinerja khusus untuk ASN secara daring dan Sistem kinerja secara manual yang dipenilaiannya dilakukan oleh kepala sekolah. 2) Terdapat 2 (dua) faktor yang mempengaruhi sistem penilaian kinerja Guru yaitu faktor individu dan faktor jaringan internet.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

glasser

Publisher

Subject

Education

Description

Glasser is an education journal that published twice a year in April and October. Glasser journal aims to publish conceptual, review, and research from tecahers, scientiests, and other schorals which expert in education ...