cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. banggai,
Sulawesi tengah
INDONESIA
JURNAL PENDIDIKAN GLASSER
ISSN : 25795082     EISSN : 25982818     DOI : -
Core Subject : Education,
Glasser is an education journal that published twice a year in April and October. Glasser journal aims to publish conceptual, review, and research from tecahers, scientiests, and other schorals which expert in education field.
Arjuna Subject : -
Articles 153 Documents
STUDENTS’ PERSPECTIVE TOWARDS INTERNET IN ENGLISH LANGUAGE LEARNING AT SMPN 1 BUNTA ABDUL RABBI ARRASUL
JURNAL PENDIDIKAN GLASSER Vol 1, No 1 (2017)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Luwuk

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (533.728 KB) | DOI: 10.32529/glasser.v1i1.9

Abstract

AbstrakTujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan pandangan siswa terhadap internet dalam pembelajaran bahasa Inggris. Penelitian ini mengaplikasikan metode peneltian deskriptif dengan desain kualitatif. Populasi dari penelitian ini berjumlah 99 siswa kelas IX SMPN 1 Bunta yang tersebar di 6 kelas paralel. Sampel dari penelitian ini dipilih berdasarkan teknik random sampling, dimana tiga kelas diambil secara acak untuk dijadikan sampel. Kelas IX A, IX B dan IX C adalah sampel dar penelitian ini. Penelitian ini dilakukan dalam tiga kali pertemuan. Data dikumpulkan melalui angket. Data ini juga dianalisa dengan menggunakan rumus dimana P adalah persentasi angket, F adalah frekuensi dan N adalah jumlah sampel. Berdasarkan analisis data, hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa (100,00%) siswa mengenal istilah internet, (77,78%) siswa dapat mengoperasikan atau menggunakan internet,(95,96%) siswa setuju bahwa internet digunakan sebagai salah satu sumber belajar bahasa Inggris, (61,62%) siswa setuju bahwa penggunaan internet sebagai sumber belajar dapat menambah penegtahuan mereka, (60,61% ) siswa merasa bahwa internet dapat meningkatkan keterampilan bahasa Inggris mereka dan (46,47%) siswa setuju bahwa melalui internet, proses pembelajaran bahasa inggris lebih bervariasi. Ini berarti bahwa penggunaan internet dalam pembelajaran bahasa Inggris telah memberikan dukungan terhadap proses pembelajaran khususnya pembelajaran bahasa Inggris dimana siswa bisa menemukan informasi baru tentang bahasa Inggris, menyelesaikan masalah-masalah siswa dalam pelajaran bahasa Inggris, meningkatkan keterampilan bahasa Inggris dan mendaptkan pengalaman baru dalam pembelajaran bahasa Inggris secara cepat, tepat dan mandiri. Sementara itu, guru bahasa Inggris juga memiliki media untuk memperbaharui proses pengajaran mereka, sehingga proses pengajaran mereka menjadi lebih hidup, tidak monoton dan menarik. Ini membuktikan bahwa, kehadiran internet dalam pembelajaran bahasa Inggris dapat memberikan pengaruh positif terhadap siswa kelas IX di SMPN 1 Bunta. Oleh karena itu, siswa memiliki pandangan yang baik terhadap penggunaan internet itu sendiri di dalam pembelajaran bahasa Inggris.Kata Kunci : Pandangan, Internet, Sumber Belajar dan Pengajaran Bahasa Inggris.
PENGGUNAAN MEDIA NEC PROJECTOR DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS V SEMESTER 1 MIN KILONGAN KABUPATEN BANGGAI Ilmawati Kasim
JURNAL PENDIDIKAN GLASSER Vol 2, No 1 (2018)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Luwuk

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (161.021 KB) | DOI: 10.32529/glasser.v3i1.84

Abstract

Penggunaan Media Nec Projector dalam Meningkatkan Aktivitas Pembelajaran Tematik Siswa Kelas V Semester 1 MIN Kilongan Kabupaten Banggai. Karya Tulis Inovasi Teknologi dalam Pembelajaran.Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik dengan menggunakan media Nec Projektor yang dilakukan di kelas V semester 1 MIN Kilongan Kabupaten Banggai dengan 2 kali pertemuan. Dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Hasil observasi aktivitas siswa menunjukkan peningkatan yaitu 75,70% pada pertemuan pertama menjadi 90,5% pada pada pertemuan kedua. Sedangkan hasil belajar siswa menunjukkan peningkatan dari 68,89% pada pertemuan pertama kemudian meningkat lagi menjadi 82.44% pada pertemuan kedua. Dengan demikian karya inovasi teknologi dalam pembelajaran tematik menggunakan media Nec Projektor dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V semester 1 MIN Kilongan.
INVESTIGATING MUHAMMADIYAH UNIVERSITY EFL LEARNERS’ GRAMMAR ERRORS IN WRITING DESCRIPTIVE PARAGRAPHS A MAPPEWALI N
JURNAL PENDIDIKAN GLASSER Vol 1, No 2 (2017)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Luwuk

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (765.684 KB) | DOI: 10.32529/glasser.v2i2.18

Abstract

This writing aims at investigating Muhammadiyah University EFL learners’ grammar errors in writing descriptive paragraphs and the causes of the errors. This employed a qualitative research in descriptive design by using error analysis. investigating four aspects of grammar errors including addition, omission, misformation and misordering which is called surface strategy taxonomy, they thenwere analyzed by employing grammar units of analysis. These units were applied to identify errors of sentence elements. From the investigation, it is found that EFL learners’ tendency of making grammar errors in writing descriptive paragraphs was sourced from Bahasa Indonesia interference. They adopted a set of rule in Bahasa Indonesia into target language. Key Terms: Errors, Descriptive paragraphs, and Surface strategy taxonomy.
HUBUNGAN KEPEMIMPINAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DENGAN INOVASI SEKOLAH DI SDN SE KECAMATAN LUWUK UTARA ARMIN HALUTI
JURNAL PENDIDIKAN GLASSER Vol 1, No 1 (2017)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Luwuk

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (703.586 KB) | DOI: 10.32529/glasser.v1i1.5

Abstract

AbstractThe purpose of this study is to describe the relationship between the vice Principal’s managerial leadership and school innovation in State Elementary School in North Luwuk district. The population of this study is all of the teachers of State Elementary School in North Luwuk, Banggai Regency. This study was used random sampling technique. The total numbers of the sample are 80 teachers. This study was quantitative approach with used correlational design. While the technique of analyzing data used regression technique (regression analysis). Based on the normality tested of the data, it can be described that the a value = 67.975 and b = 0,378 with input the a value and b value into the similar regression, it is reached the simple similar regression where Y = 67.957+ 0,378 X. It means that, the more good of the vice principal’s managerial leadership will probably increase the school innovation. While the vice principal’s managerial leadership with school innovation has positive and significant relationship as big as 67.95%. The suggestion of this study is to increase the school innovation, and the vice principal’s is suggested to think and formulate the purpose and the act of the program, compile and coordinate the human resources and the material resources of the school. Because, the successful of school very depends on the ability to arrange and engage any sources to reach the purpose. The vice principal’s has ability to lead and affect all of the human resources to accomplish the essential of any jobs, and control the management of the school.Key word: Managereial, and Innovation.
BUDAYA PATRIARKHI DAN PERJUANGAN PEREMPUAN DALAM NOVEL PESAN CINTA DARI HUJAN KARYA ERNI ALADJAI MUH RAFI'I
JURNAL PENDIDIKAN GLASSER Vol 2, No 1 (2018)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Luwuk

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (277.524 KB) | DOI: 10.32529/glasser.v3i1.80

Abstract

This paper discusses patriarchy culture and women’s struggles in Pesan Cinta Dari Hujan, a novel written by Erni Aladjai (2010). Patriarchy culture can be seen in attitudes, behaviors, and actions conducted by male characters toward female characters. This paper adopts a feminist approach to explore patriarchy culture and women’s struggles in the novel. The findings show that patriarchy culture includes violence of domestic or women, violence of education and building children’s characters, and violence of space and movement given for self-actualization. Women characters’ struggles to fight patriarchy culture are determination, tear, and running..
PENGELOLAAN PENDIDIKAN DAERAH TERTINGGAL SE KECAMATAN BUKO SELATAN SUMA K SALEH; TOMI BIDJAI
JURNAL PENDIDIKAN GLASSER Vol 1, No 2 (2017)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Luwuk

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (160.748 KB) | DOI: 10.32529/glasser.v2i2.15

Abstract

Penelitian ini ditulis dengan tujuan untuk mengetahui pengelolaan pendidikan daerah tertingal di Kecamatan Buko Selatan  dalam meningkatkan pendidikan yang ada di Kabupaten Banggai Kepulauan  . Metodologi dalam penulisan  ini menggunakan penelitian kualitatif. dengan  Jenis Penelitian Studikasus  teknik pengumpulan  data dalam penulisan ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, . Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa pengelolaan pendidikan daerah tertinggal sudah berjalan dengan baik  pemahaman pendidikan  berhubungan erat dengan kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh pelaksana pendidikan. Proses pembelajaran akan mampu meningkatkan kecerdasan dan kreativitas siswa dan  akan berhasil meningkatkan  kualitas pendidikan daerah tertinggal, apabila terdapat sinergi antara pelaku kegiatan pendidikan  dengan pemerintah daerah. Dalam artian para anggota diberikan kesempatan untuk berpendapat, berfikir dan mengambil kesimpulan secara alternatif atas dasar kajian dan pengetahuan yang mereka miliki. Sejauh ini, peningkatan pendidikan di daerah tertinggal  yang dilakukan dan diprakarsai oleh pemerintah  belum cukup memuaskan. Akibatnya, pemahaman pendidikan di daerah tertinggal  belum berkembang secara optimal. Pemerintah serta pihak sekolah   sebagai tulang punggung diharapkan untuk selalu berupaya meningkatkan perannya, sehingga mampu mengoptimalkan peningkatan pendidikan bagi anggota dan masyarakat secara umum di masa-masa mendatang.Kata kunci: Pengelolaan Pendidikan Daerah Tertinggal
PENGARUH KOMITMEN BERINOVASI TERHADAP BUDAYAMUTU DOSEN DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH LUWUK FARID HALUTI
JURNAL PENDIDIKAN GLASSER Vol 1, No 1 (2017)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Luwuk

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (321.118 KB) | DOI: 10.32529/glasser.v1i1.1

Abstract

Keberadaan dosen menentukan mutu pendidikan dan lulusan suatu perguruan tinggi. Guna menjalankan pendidikan perguruan tinggi diperlukan dosen yang memiliki kualifikasi akademik, kompetensi dan sertifikasi agar terciptanya budaya mutu dosen itu sendiri. Budaya mutu dosen merupakan sistem makna bersama terhadap nilai-nilai primer yang dianut bersama dan dihargai organisasi. Keberhasilan perguruan tinggi dalam penciptaan budaya mutu ditentukan oleh komitmen berinovasi dosen berdasarkan bidang keahliannya sehingga melahirkan kompetensi profesional. Komitmen berinovasi menunjukkan suatu daya dari dosen untuk mengidentifikasikan keterlibatannya sebagai bagian sistem perkuliahan di perguruan tinggi. Penelitian ini bertujuan mengetahui komitmen berinovasi berpengaruh langsung terhadap budaya mutu pada dosen di Universitas Muhammadiyah Luwuk. Menggunakan metode survey kausal dengan model analisis jalur untuk menguji pengaruh langsung komitmen berinovasi terhadap budaya mutu dosen di Univeritas Muhammadiyah Luwuk. Sampel penelitian ini diambil secara proporsional secara random sampling berjumlah 67 responden dari 111 orang. Data hasil pengukuran variabel komitmen berinovasi dan budaya mutu dosen dikumpulkan melalui angket, observasi dan wawancara serta dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Secara deskriptif budaya mutu dosen mencapai rata-rata 115 dan standar deviasi sebesar 11,84, dengan 24 orang (39%) memperoleh skor dibawah rata-rata, sebanyak 12 orang (18%) skor berada pada rata-rata dan sebanyak 31 orang (43%) memperoleh skor di atas rata-rata. Hasil variabel komitmen berinovasi diperoleh rata-rata sebesar 101,76 dan standar deviasi sebesar 11,60, dengan 30 orang (45%) memperoleh skor dibawah rata-rata, sebanyak 15 orang (22%) memiliki skor pada rata-rata dan sebanyak 22 orang (33%) mendapatkan skor di atas rata-rata. Hasil uji menunjukkan terdapat pengaruh langsung positif komitmen berinovasi terhadap budaya mutu dosen di Universitas Muhammadiyah Luwuk. Terciptanya budaya mutu perguruan tinggi dipengaruhi adanya komitmen berinovasi dosen berdasarkan bidang keahliannya.Kata Kunci: Komitmen Berinovasi, Budaya Mutu Dosen dan Pengaruh Komitmen Berinovasi terhadap Budaya Mutu Dosen.
PENGARUH EKSTRAK BUAH MENGKUDU (MORINDA CITRIFOLIA) TERHADAP PERTUMBUHAN STAPHYLOCOCCUS AUREUS The Effect of Noni Fruit Extracts (Morinda Citrifolia) on Staphylococcus aureus growth RISNAYANTI R DJURAMANG; YULIANA RETNOWATI; NURHAYATI BIALANGI
JURNAL PENDIDIKAN GLASSER Vol 1, No 2 (2017)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Luwuk

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (249.988 KB) | DOI: 10.32529/glasser.v2i2.19

Abstract

This aim of study was to determine the effect of noni fruit extract on Staphylococcus aureus growth. Indicator is the Bacteria growth of diameter inhibitory zone formed. The study was conducted at the Laboratory of Microbiology, Departement of Biology, State University of Gorontalo. The research method was experimental which consisted of 12 treatments (15%, 10%, 15%, 20%, 25%, 30%, 35%, 40%, 45%, 50%) and 2 replicates, and quantitatively analyzed using non-parametric Kruskal Wallis Test. Based on the statistical results indicate that there is influence of noni fruit extract on the growth of Staphylococcus aureus at 15%, 10%, 15%, 20%, 25%, 30%, 35%, 40%, 45%, and 50% concentrations, with a diameter of inhibition zone formed by each is 7,87mm, 7,75mm, 8,81mm, 9,62mm, 9mm, 10,44mm, 10,88mm, 12mm, 8,37mm and 12,13mm. This result is evidenced by the Kruskal Wallis 000 ≤ 0,05.Keyword:         Growth, Staphylococcus aureus,Extraction, Noni, Inhibitory zones
PERSEPSI KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA PENGAWAS SEKOLAH HASRAT AIMANG
JURNAL PENDIDIKAN GLASSER Vol 1, No 1 (2017)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Luwuk

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (489.062 KB) | DOI: 10.32529/glasser.v1i1.6

Abstract

AbstrakTugas pokok pengawas sekolah/satuan pendidikan adalah melakukan penilaian dan pembinaan dengan melaksanakan fungsi-fungsi supervisi, baik supervisi akademik maupun supervisi manajerial.Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kinerja pengawas Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs) dan Pengawas Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA) se Kecamatan Luwuk. Sedangkan kegunaan penelitian yaitu memberikan informasi ilmiah kepada para pelaku pendidikan. Waktu penelitian ini akan dilaksanakan pada Februari sampai dengan Mei 2016 dengan lokasi penelitian di Kecamatan Luwuk, Metode Penelitian ini menggunakan deskriptif eksplanatori. Teknik pengumpulan datanya dilakukan secara kuntitatif dan kualitatif, Dengan pengumpulan data untuk uji coba instrumen dan dua pengumpulan data dalam rangka penelitian yang sebenarnya. Untuk memperoleh data mengenai persepsi kepala sekolah terhadap kinerja pengawas yang akan dikumpulkan, diolah dan dianalisis, maka peneliti menggunakan beberapa metode pengumpulan data melalui Observasi, Wawancara, Kuesioner dan Dokumentasi, Instrumen yang digunakan dalam teknik dokumentasi ini adalah pedoman tentang hal-hal yang dibutuhkan untuk memperkuat informasi yang diperoleh melalui observasi, wawancara dan kuesioner yang dilakukan.Dari hasil penelitian sementara melalui sebaran angket menunjukan kinerja pengawas satuan pendidikan di Kecamatan Luwuk yang berdasarkan skala penilaian maka tergolong tinggi dengan perolehan skor rata-rata adalah 77.5.Kata Kunci: Persepsi Kepala Sekolah, Kinerja Pengawas Sekolah.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWP STRAY DAN TIPE GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI RISNAYANTI R DJURAMANG
JURNAL PENDIDIKAN GLASSER Vol 2, No 1 (2018)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Luwuk

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (200.905 KB) | DOI: 10.32529/glasser.v3i1.81

Abstract

The research aimed at investigating the influence of cooperative learning model type two stay two stray and type giving question and getting answer toward the activeness and learning achievement of student on excretion system. The method of research was quasi experimental research. The data were collected through test result and observation. The objects of this research were students at class VIIIA, VIIIB, VIIIC, and VIIID at SMPN 3 Paguyaman. The research result showed that cooperative learning model type two stay two stray, type giving question and getting answer, and the combination between cooperative learning model type two stay two stray and type giving question and getting answer influenced students’ activeness. Meanwhile, cooperative learning model type two stay two stray, type giving question and getting answer, and the combination between cooperative learning model type two stay two stray and type giving question and getting answer also influenced students’ learning achievement which was showed by significance value as 0,000 lower than alpha value as 0,05.

Page 1 of 16 | Total Record : 153