(PEJ) Primary Education Journal
Vol. 5 No. 2 (2021)

Peningkatan Kompetensi Guru dalam Membuat Video Pembelajaran melalui Bimbingan Berkelanjutan Di SDN 16 Tarok Dipo Kecamatan Guguk Panjang Kota Bukittinggi

Desnawati (SDN 16 TAROK DIPO)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2021

Abstract

Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) ini bertujuan untuk memperoleh data dan informasi tentang dampak pelaksanaan bimbingan berkelanjutan dalam membuat video pembelajaran terhadap peningkatan kompetensi guru di SDN 16 Tarok Dipo Kecamatan Guguk Panjang Kota Bukittinggitahunpelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi.Subjek penelitian ini adalah guru-guru SDN 16 Tarok Dipo Kecamatan Guguk Panjang Kota Bukittinggi dengan jumlah guru sebanyak15 orang, terdiri dari12 orang guru kelas dan 1 orang guru PJOK dan 2 orang guru PAI. Tekhnik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan hasil kegiatan. Data yang diperoleh kemudian dianalisis guna menarik kesimpulan.Hasil penelitian ini dapat dilihat setelah dianalisis menunjukkan bahwa berdasarkan observasi awal terhadap15 orang guru di SDN 16 Tarok Dipo Kecamatan Guguk Panjang Kota Bukittinggi memperoleh nilai rata- rata 62,66 setelah dilakukan siklus I meningkat menjadi 68,1dan meningkat lagi pada siklus II menjadi75,67.Implikasi penelitian ini adalah pelaksanaan bimbingan berkelanjutan dapat meningkatkan kompetensi guru-guru dalam membuat video pembelajaran di SDN 16 Tarok Dipo Kecamatan Guguk Panjang Kota Bukittinggi.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

PEJ

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Naskah-naskah yang dimuat dalam jurnal ini berasal hasil penelitian maupun kajian kritis dari para peneliti maupun akademisi yang mencakup bidang pendidikan dasar/madrasah ibtidaiyah baik berupa kajian tentang kurikulum, pendekatan, strategi, metode, media ataupun teori pendidikan. Primary Education ...