(PEJ) Primary Education Journal
Vol. 5 No. 2 (2021)

MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DENGAN MENERAPKAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) PADA PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK DI MADRASAH IBTIDAIYAH MAHADIL ISLAMIYAH MUARO JAMBI

muhaiminah Jalal (UIN STS Jambi)
Umil Muhsinin (UIN STS Jambi)
ikasuryaningsih (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), berlatar belakang Madrasah Ibtidaiyah Mahadil Islamiyah Muaro Jambi. Objek penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Mahadil IslamiyahMuaro Jambi, dan tujuan penelitian ini adalah menerapkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dalam rangka meningkatkan kegiatan belajar siswa pada tema Indahnya Keragaman Negeriku. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan empat tahap meliputi : 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan 3) Observasi, 4) Refleksi. Data diperoleh melalui Observasi, Wawancara, dan Dokumen. Menggunakan analisis kualitatif untuk analisis data, termasuk pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasill penelitianmenunjukkan bahwa penerapan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dapat meningkatkan minat belajar siswa dalam proses pembelajaran. Peningkatan minat belajar siswa dapat diukur dari penilaian siklus I dan penilaian siklus II. Nilai belajar siswa pada siklus I 51,4%, dan nilai minat belajar siswa pada siklus II 85%. Meskipun dimunkinkan untuk mengukur peningkatan minat belajar siswa dari setiap siklus, pada kategori “kurangberminat” skor keberminatan belajar pada skor pra keberminatan adalah 1,3 kemudian 2,02 pada siklus pertama. Kategori “berminat” dan keberminatan siswa pada siklus II (3) dalam kategori “berminat”. Oleh karena itu hasil penelitian di Madrasah Ibtidaiyah Mahadil IslamiyahMuaro Jambi sudah terealisasi dengan baik.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

PEJ

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Naskah-naskah yang dimuat dalam jurnal ini berasal hasil penelitian maupun kajian kritis dari para peneliti maupun akademisi yang mencakup bidang pendidikan dasar/madrasah ibtidaiyah baik berupa kajian tentang kurikulum, pendekatan, strategi, metode, media ataupun teori pendidikan. Primary Education ...