(PEJ) Primary Education Journal
Vol. 5 No. 2 (2021)

Menganalisis Efektivitas Media Quizizz Sebagai Alat Evaluasi Pembelajaran Pada Masa Pembelajaran Jarak Jauh: Indonesia

Nova Octavia Lumban Gaol (Universitas Langlangbuana)
Muhammad Naufal Cakra Satria (Unknown)
Teresia Hartati (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2021

Abstract

Pada beberapa tahun terakhir dunia digemparkan dengan adanya sebuah kejadian berupa pandemic yang melumpuhkan kehidupan di dunia secara massive. Berbagai sektor merasakan pil pahit akibat dari efek yang ditimbulkan oleh pandemic tersebut. Baik sektor ekonomi, sosial,bisnis, transportasi dan yang paling menderita salah satunya adalah sektor pendidikan. Pada hakikatnya, pendidikan secara umum di dunia ini sedang gencar-gencarnya dikembangkan untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat pada tiap negara yang berusaha sekuat mungkin memiliki sistem pendidikan yang lebih baik. Pandemi Covid-19 ini merenggut impian tersebut. Seketika sektor pendidikan collapse tidak tahu arah kemana ia menuju. Berbagai inovasi dilakukan oleh para pengajar yang hadir di tiap daerah. Baik dari segi metoda, sarana, bahkan teknologi yang idealnya paling memungkinkan dijadikan ujung tombak utama untuk menopang sektor pendidikan saat ini. Salah satu media yang dapat digunakan sebagai sarana belajar serta evaluasi bagi peserta didik adalah media Quizizz. Sebagai tambahan informasi Quizizz merupakan media yang dapat digunakan dari tempat yang berbeda dalam tempo waktu yang sama. Hal ini menjadikan Quizizz sebagai media yang cukup relevan untuk digunakan sebagai bahan evaluasi yang memudahkan para pengajar. Penelitian ini termasuk dalam ke dalam penelitian deskriptif (descriptive research), menggunakan kajian analisis kualitatif, di mana nantinya data yang terkumpul akan diuraikan secara naratif. Penelitian ini dilakukan secara alamiah (natural setting), yang berarti obyek dalam penelitian ini berkembang apa adanya selama proses penelitian berlangsung tanpa ada campur tangan peneliti dalam menyeting atau menstruktur objek penelitian. Peneliti kualitatif sebagai human instrument, berfungsi menetapkan fokus penelitian, memilih informasi sebagai sumber data, melakukan pengumpulan data, menilai kualitas data, analisis data, menafsirkan data, dan membuat kesimpulan atas temuannya. Teknik Analisis Data yang digunakan penulis adalah reduksi data, dimana mengandung arti merangkum, memilih hal yang paling pokok, fokus pada hal-hal yang penting, dan dicari tema serta polanya. Lalu penyajian datanya dalam bentuk teks naratif yang penyajiannya urut sesuai dengan data yang ada di lapangan. Kesimpulan yang peneliti dapat setelah melakukan penelitian melalui wawancara menggunakan Google form adalah, guru sangat terbantu dengan penggunaan Quizizz untuk membuat bahan penilaian, yang perlu dikembangkan lagi adalah guru harus mau berlatih untuk dapat membuat sendiri soal soal untuk dijadikan quiz tidak hanya menggunakan soal yang ada pada Quizizz agar pertanyaan yang dibuat sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Bagi peserta didik, penilaian dengan menggunakan Quizizz sangat menarik dan menyenangkan karena peserta didik merasa seperti sedang bermain game, tidak seperti mengerjakan soal biasa. Dengan ini, peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan Quizizz sangat membantu guru dalam memberikan kegiatan penilaian yang lebih kreatif , terdata dengan rapih dan menyenangkan bagi peserta didik.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

PEJ

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Naskah-naskah yang dimuat dalam jurnal ini berasal hasil penelitian maupun kajian kritis dari para peneliti maupun akademisi yang mencakup bidang pendidikan dasar/madrasah ibtidaiyah baik berupa kajian tentang kurikulum, pendekatan, strategi, metode, media ataupun teori pendidikan. Primary Education ...