Patria Educational Journal
Vol 2 No 1 (2022): Volume 2 Nomor 1 Maret 2022

Pengembangan Media Pembelajaran Booklet Materi Benda di sekitar Kelas 3 untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa SDN Wonorejo 02 Kabupaten Blitar

nilna nur azizah (Universitas Nahdlatul Ulama Blitar)
Fathul Niam (Universitas Nahdlatul Ulama Blitar)
Aang Yudho Prastowo (Universitas Nahdlatul Ulama Blitar)



Article Info

Publish Date
16 Mar 2022

Abstract

Abstrak: Banyak media yang bisa digunakan dalam pembelajaran, salah satunya yaitu media Booklet. Media Booklet yakni buku berdimensi kecil yang di dalamnya berisi tulisan serta foto. Pemakaian media Booklet dalam pembelajaran bertujuan guna meningkatkan keaktifan serta hasil belajar siswa kelas 3 SDN Wonorejo 02, sehingga bisa dengan gampang menguasai materi yang diajarkan. Riset atau penelitian ini memakai medel ADDIE dengan tahapan Prosedur pengembangan. Menurut (Brunch, 2009) berupa 1) Analysze, 2) design, 3) Development, 4) Implementation dan 5) Evaluation. Metode analisis data menggunakan angket untuk kevalidan, tes untuk kemampuan hasil belajar serta dokumentasi. Metode analisis informasi untuk angket kevalidan ahli materi, ahli bahasa serta ahli media dihitung memakai skala likert. Hasil riset ini meliputi validasi ahli materi diperoeh presentase 100% dengan kriteria sangat valid tanpa perbaikan, validasi ahli media diperoleh presentase 89% dengan criteria sangat valid tanpa perbaikan validasi ahli bahasa di peroleh presentase 86% dengan criteria sangat valid tanpa perbaikan, validasi angket pengguna guru presentase diperoleh 100% dengan criteria sangat valid tanpa perbaikan, untuk reaksi siswa 100% dengan criteria sangat menarik. Media Booklet untuk menambah keaktifan serta hasil belajar kelas 3 mengalami peningkatan. Jadi pengembangan media pembelajaran Booklet valid dan menarik digunakan serta bisa menambah keaktifan serta hasil belajar siswa khususnya kelas 3 SDN Wonorejo 02. Abstract: There are many media that can be used in learning, one of which is booklet media. Media Booklet is a small dimensional book that contains text and photos. The use of booklet media in learning aims to increase the activity and learning outcomes of grade 3 students at SDN Wonorejo 02, so that they can easily master the material being taught. This research uses the ADDIE model with the stages of the development procedure. According to (Brunch, 2009) in the form of 1) Analysis, 2) Design, 3) Development, 4) Implementation and 5) Evaluation. The data analysis method uses a questionnaire for validity, tests for learning outcomes and documentation. The information analysis method for the questionnaire on the validity of material experts, linguists and media experts was calculated using a Likert scale. The results of this research include the validation of material experts obtained a percentage of 100% with very valid criteria without improvement, validation of media experts obtained a percentage of 89% with very valid criteria without improvement, validation of linguists obtained a percentage of 86% with very valid criteria without improvement, validation of teacher user questionnaires the percentage obtained is 100% with very valid criteria without improvement, for 100% student reactions with very interesting criteria. Media Booklets to increase activity and learning outcomes for grade 3 have increased. So the development of booklet learning media is valid and interesting to use and can increase student activity and learning outcomes, especially for grade 3 SDN Wonorejo 02.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pej

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Patria Educational Journal (PEJ) adalah jurnal penelitian peer-review dengan sistem akses terbuka yang diterbitkan oleh oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Nahdlatul Ulama Blitar,. Patria Educational Journal menyediakan platform yang menyambut dan mengakui artikel ilmiah ...