Jurnal Kependidikan
Vol. 6 No. 2 (2022): Jurnal Kependidikan

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 PLAMPANG

Jhon Kenedi (Universitas Samawa)
Fatmawati Fatmawati (Universitas Samawa)
Ade Safitri (Universitas Samawa)



Article Info

Publish Date
05 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Plampang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Adapun desain penelitian yang digunakan adalah pre-test-post-test control group design. Analisis data menggunakan uji-t dengan membandingkan selisih mean dari hasil pre-test dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata post-test kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Berdasarkan hasil perhitungan uji-t menunjukkan bahwa thitung > ttabel. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran tipe TPS terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Plampang.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

kependidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Kependidikan adalah jurnal ilmiah yang berisikan informasi dan menyebarluaskan hasil peneltian, studi letaratur, ide-ide atas karya inovatif di bidang pendidikan dan pembelajaran yang mampu memberikan konstribusi positif di bidang pendidikan bagi sekolah maupun perguruan tinggi menjadi fokus ...