JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri)
Vol 6, No 1 (2022): Februari

PENDAMPINGAN GURU SEKOLAH DASAR DALAM PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL

Yulina Ismiyanti (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Islam Sultan Agung)
Muhamad Afandi (Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Mataram)



Article Info

Publish Date
13 Feb 2022

Abstract

Abstrak: Pengabdian masyarakat ini bertujuan mendampingi guru dalam pembuatan media pembelajaran berbasis kearifan lokal sesuai materi ajar dan karakteristik siswa. Metode yang digunakan dalam penyampian materi pengabdian masyarakat adalah picture and picture. Tahapan pelaksanaan pengabdian setiap pertemuan meliputi penyampaian tujuan, penyajian materi, penyajian gambar-gambar sebagai contoh nyata, presentasi hasil karya, dan membuat kesimpulan. Peserta pengabdian berjumlah 18 orang guru SD Genuksari 02. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik tes dan wawancara. Kegiatan pengabdian dilaksanakan selama 5 kali pertemuan dari tanggal 15 Februari sampai 14 Maret 2020. Hasil pretest dengan rata-rata 48,8 meningkat setelah pendampingan dengan rata-rata 79,3. Sehingga metode "picture and picture" meningkatkan kemampuan guru dalam pembuatan media berbasis kearifan lokal. Kesimpulan dari kegiatan pengabdian ini dikhususkan untuk 18 guru SD Genuksari 02. Nilai-nilai kearifan lokal yang dimaksud mencakup Indonesia. Kegitan pengabdian ini dapat menjadi reverensi kegiatan pengabdian selanjutnya dengan cakupan subjek yang lebih luas. Kegiatan pengabdian ini berkontribusi (1) memperkenalkan dan melestarikan budaya lokal melalui media pembelajaran; (2) memudahkan guru dalam menyampaikan materi pembelajaran agar lebih konkrit. Abstract: This community service aims to assist teachers in making learning media based on local wisdom according to teaching materials and student characteristics. The method used in delivering community service materials is picture and picture. The service participants were 18 teachers of Genuksari 02 Elementary School. Data was collected through test and interview techniques. The data analysis used is descriptive quantitative and qualitative. Service activities were carried out for 5 meetings from February 15 to March 14, 2020. The results of the pretest with an average of 48.8 increased after mentoring with an average of 79.3. So the "picture and picture" method improves the ability of teachers in making media based on local wisdom. The conclusion of this service activity is devoted to 18 teachers of the Genuksari 02 Elementary School. The values of local wisdom in question include Indonesia. This service activity can be a reference for further service activities with a wider subject coverage. This service activity contributes (1) to introducing and preserving local culture through learning media; (2) facilitate teachers in delivering learning materials to be more concrete 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jmm

Publisher

Subject

Other

Description

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) is a journal published by the Mathematics Education Departement of Education Faculty of Muhammadiyah University of Mataram. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) aims to disseminate the results of conceptual thinking and ideas, especially the results of educational research ...