MADURANCH: JURNAL ILMU PETERNAKAN
Vol 3, No 2 (2018): MaduRanch: Jurnal Ilmu-Ilmu Peternakan

PRODUKSI DAN KUALITAS SUSU SAPI PERANAKAN FRIESIAN HOLSTEIN PADA PEMERAHAN PAGI DAN SORE (DITINJAU DARI UJI BERAT JENIS, KADAR LEMAK DAN UJI REDUKTASE)

Mohammad Fikri Rizqi Amrulloh (Fakultas Peternakan, Universitas Brawijaya)



Article Info

Publish Date
29 Oct 2018

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan produktivitas susu dan mutu berdasarkan berat jenis, kadar lemak, dan uji reduktase. Penelitian ini menggunakan susu segar dari 130 sapi peranakan Friesian Holstein yang dikumpulkan di Koperasi Agro Niaga (KAN) Jabun. Metode yang digunakan adalah metode survei dengan random sampling dan wawancara. Variabel penelitian ini adalah produksi susu, berat jenis, kandungan lemak, dan uji reduktase. Hasil penelitian yang ditunjukkan dengan analisis deskriptif menggambarkan bahwa produksi susu dipengaruhi oleh waktu pemerahan. Produksi rata-rata susu di pagi hari adalah 6.65 ℓ/ekor/hari dan 4.33 ℓ/ekor/hari di sore hari dengan selang waktu 10 jam dari pagi hingga sore hari. Berat jenis 1.025 pada pemerahan pagi dan 1.023 pada pemerahan sore hari. Kandungan lemak pada pemerahan pagi 4.46% dan pemerahan sore hari adalah 4,79%. Selang waktu pemerahan tidak berpengaruh terhadap hasil uji reduktase. Kesimpulan dari penelitian ini adalah selang waktu pemerahan mempengaruhi produksi susu, berat jenis dan kadar lemak sedangkan uji reduktase tidak berpengaruh.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jurnal_peternakan_maduranch

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology

Description

Jurnal MADURANCH merupakan Jurnal Ilmiah yang dikelola oleh Program Studi Peternakan Universitas Madura, memuat artikel tentang kajian-kajian ilmu Pertanian dan peternakan yang diangkat dari hasil penelitian. Jurnal Maduranch terbit setahun 2 kali ( Agustus dan Februari ...