Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
Vol 4, No 1 (2021): Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia

Pengaruh Kemampuan Berpikir Logis dan Kecerdasan Intelektual Terhadap Keterampilan Menulis Teknis

Andin Sudirman (Universitas Indraprasta PGRI)
Hasbullah Hasbullah (Universitas Indraprasta PGRI)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Kemampuan berpikir logis dan kecerdasan intelektual secara bersama-sama terhadap keterampilan menulis teknis siswa SMP Swasta di Kabupaten Tanggerang, pengaruh Kemampuan berpikir logis terhadap keterampilan menulis teknis siswa SMP Swasta di Kabupaten Tanggerang, dan pengaruh kecerdasan intelektual terhadap keterampilan menulis teknis siswa SMP Swasta di Kabupaten Tanggerang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei korelasional. Sampel diambil sebanyak 60 orang siswa yang diambil secara acak sederhana. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan penyebaran angket langsung kepada sampel. Analisis data menggunakan statistika deskriptif seperti mencari mean, median, modus, standar deviasi, dan statistika inferensial. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan kemampuan berpikir logis dan kecerdasan intelektual secara bersama-sama terhadap keterampilan menulis teknis siswa SMP Swasta Kabupaten tanggerang. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig = 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 110,063. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan kemampuan berpikir logis terhadap keterampilan menulis teknis siswa SMP Swasta Kabupaten tanggerang. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig = 0,000 < 0,05 dan thitung = 8,161. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan kecerdasan intelektual terhadap keterampilan menulis teknis siswa SMP Swasta Kabupaten tanggerang. Hal ini dibutikan dengan nilai Sig = 0,001 < 0,05 dan thitung = 2,429. Kata kunci: Kemampuan berpikir logis , Kecerdasan intelektual , Keterampilan menulis teknis

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

diskursus

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Diskursus: Jurnal Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is a peer-reviewed scientific open access journal. The journal is dedicated to publishing original articles concerned with research, theory development, or program applications related to Indonesian Language teaching in across ...