Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
Vol 1, No 01 (2018): Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia

Pengaruh Model Pembelajaran dan Kecerdasan Intelektual terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Baku

Sarce Sarah (Universitas Indraprasta PGRI)



Article Info

Publish Date
20 Mar 2019

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menganalisis dan menguji kebenaran hipotesis mengenai pengaruh Model Pembelajaran dan Kecerdasan Intelektual terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Baku Siswa. Penelitian ini dilakukan dengan metode eksperimen. Populasi adalah siswa kelas XI SMA Negeri di Kabupaten Karawang dengan sampel sebanyak 74 siswa, dengan teknik random proporsional. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes hasil belajar Bahasa Indonesia bentuk pilihan ganda  dengan option sebanyak 45 soal yang telah diuji homogenitasnya dengan besar sig. 0,282 > 0,05 dan F 1.324. Analisis data menggunakan analysis of varians (ANOVA) dua jalur/arah. Hasil pengujian hipotesis diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1) Terdapat pengaruh  yang signifikan model pembelajaran terhadap hasil belajar bahasa indonesia baku siswa, hal tersebut dibuktikan dengan  sig = 0,001; sig < 0,05  dan Fhitung = 13,782. 2) Terdapat pengaruh  yang signifikan kecerdasan intelektual hasil belajar bahasa indonesia baku siswa, hal tersebut dibuktikan dengan sig = 0,001; sig < 0,05 dan Fhitung23,602. 3)Tidak terdapat pengaruh interaksi  model pembelajaran dan kecerdasan intelektual terhadap hasil belajar bahasa indonesia baku siswa, hal ini terbukti dengan hasil  tabel uji interaksi diperoleh sig = 0,617; sig > 0,05 dan  Fhitung = 0,254. Hasil penelitian ini berguna untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan meningkatkan kemampuan berbahasa Indonesia baku di tingkat SMA. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Kecerdasan Intelektual, Hasil Belajar Bahasa Indonesia Baku

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

diskursus

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Diskursus: Jurnal Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is a peer-reviewed scientific open access journal. The journal is dedicated to publishing original articles concerned with research, theory development, or program applications related to Indonesian Language teaching in across ...