Semakin meningkatnya persaingan bisnis antar perusahaan untuk mendapatkan pelanggan telah menyebabkan perusahaan berlomba-lomba memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan. Kepuasan konsumen merupakan kunci utama untuk membangun hubungan jangka pajang antara pelanggan dan perusahaan. PT Sahabat Kreasi Muda yang bertempat di Jalan Raya Gading Serpong Ruko Tematik Pasar Modern Paramount blok P25 bergerak di bidang percetakan. Sistem pelayanan pelanggan yang berjalan saat ini pada PT Sahabat Kreasi Muda masih mengunakan aplikasi google untuk mengisi keluhan pelanggan sehingga setiap pelanggan bisa melihat keluhan dari pelanggan lain. Oleh sebab itu, keluhan tidak bersifat rahasia bagi perusahaan. Pendaftaran member masih dilakukan dengan pencatatan dokumen sehingga membuat customer service membutuhkan waktu yang lama ketika mencari data member jika dibutuhkan; Marketing kesulitan mengelola data pertemuan dengan perusahaan ketika akan mebuat perjanjian kerja dan laporan data pendaftaran member tidak sesuai dengan kejadian transaksi pendaftaran karena masih terjadi kesalahan pada saat pencatatan transaksi member. Metode perancangan sistem yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode SDLC (System Development Life Cycle), UML (Unified Modelling Language), dan menggunakan bahasa pemrograman berbasis web yaitu Codeigniter, Framework. Sistem customer relationship management pelayanan ini memudahkan pelanggan untuk registrasi member, memberikan masukan berupa kritik atau saran, membuat jadwal pertemuan, dan dapat mempermudah pegawai untuk mengelola data secara sistem. Pada penelitian ini menggunakan analisis kebutuhan sistem melalui analisis SWOT.
Copyrights © 2018