Cakrawala: Jurnal Pendidikan
Vol 10 No 1 (2016)

Efektifitas Penggunaan Media Belajar (Ceramah dan LCD) terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa PPKn Universitas Pancasakti Tegal

Endang Sulistianingsih (Universitas Pancasakti Tegal)
Mursyidah Dwi Hartati (Universitas Pancasakti Tegal)
Ponohardjo (Universitas Pancasakti Tegal)



Article Info

Publish Date
01 May 2016

Abstract

Media pendidikan merupakan suatu alat/perantara yang berguna untuk memudahkanproses belajar mengajar dalam rangka mengefektifkan komunikasi antara dosen danmahasiswa. Media dalam mengajar memegang peranan penting sebagai alat bantu untukmenciptakan proses belajar mengajar yang efektif. Sehingga kami mengadakan penelitianbagaimana efektifitas penggunaan media belajar (ceramah dan LCD) dalam meningkatkanmotivasi belajar mahasiswa Program Studi PPKn UPS Tegal.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik komparatif. Desain penelitian inimenggunakan variable mandiri (satu variable). Populasi penelitian ini adalah mahasiswa PPKnregular semester VI Tahun Akademik 2014/2015 UPS Tegal. Metode sampling yang digunakandalam penelitian ini adalah probability sampling. Sedangkan sample yang diambil, dilakukandengan teknik simple random sampling. Beberapa metode yang digunakan dalam penelitian inimeliputi angket, observasi dan wawancara. Untuk menguji instrument penelitian digunakan ujivaliditas konstruk dan uji reliabilitas. Data dianalisis menggunakan teknik statistic analisadeskriptif dan parametik independen sample t-test polled varian dengan SPSS Ver. 19.Berdasarkan hasil perhitungan dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan motivasibelajar antara mahasiswa yang lebih menyukai menggunakan media bantu LCD ketika kegiatanbelajar mengajar berlangsung dengan mahasiswa yang lebih menyukai metode ceramah ketikakegiatan belajar mengajar berlangsung.Berdasarkan penelitian di atas, maka disarankan dosen sebaiknya pandai dalammengkombinasikan penggunaan media belajar ceramah dan LCD. Hal ini selain untuk motivasidan prestasi belajar mahasiswa sekaligus juga untuk menghidari kebosanan.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

cakrawala

Publisher

Subject

Education

Description

Cakrawala: Jurnal Ilmu Pendidikan (P-ISSN:1858-4497, E-ISSN: 2549-9300) is a scholarly journal aimed to provide a platform for both established and early-career researchers. This journal accepts research-based papers from the fields of Teaching and Learning; Language and Literacy Education; and ...