Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir mahasiswa calon guru dalam pengajuan soal matematika tipe post solution posing berdasarkan kemampuan matematikanya. Pengajuan soal tipe post solution posing yaitu mahasiswa memodifikasi tujuan atau kondisi soal yang telah diselesaikan untuk menghasilkan soal-soal baru. Sedangkan perbedaan kemampuan matematika yaitu mahasiswa berkemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan teknik pengumpulan datanya dilakukan dengan pemberian tes kemampuan matematika, tes pengajuan soal dan wawancara. Pada langkah memahami masalah, subjek yang memiliki gaya kognitif FI (subjek FI) dan subjek yang memiliki gaya kognitif FD (subjek FD) menerima informasi dengan cara membaca. Pada langkah merencanakan penyelesaian masalah, subjek FI memanggil kembali informasi dengan cara mengatakan pengetahuan terdahulu tentang luas persegipanjang; sedangkan subjek FD memanggil kembali informasi dengan cara mengatakan pengetahuan terdahulu. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penalaran mahasiswa gaya kognitif field independent lebih baik daripada penalaran mahasiswa gaya kognitif field dependent.
Copyrights © 2020