Kode : Jurnal Bahasa
Vol 10, No 2 (2021): Kode: Edisi Juni 2021

Strategi Guru Dalam Menumbuhkan Literasi Baca-Tulis Melalui Program GLS

Yusrawati JR Simatupang (Universitas Bina Bangsa Getsempena)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengetahui strategi guru dalam menumbuhkan literasi baca-tulis melalui program GLS (Gerakan Literasi Sekolah). Penelitian ini bertujuan untuk strategi guru dalam menumbuhkan literasi baca-tulis melalui program GLS dan untuk mengetahui respon siswa terhadap strategi yang digunakan Guru dalam menumbuhkan literasi baca-tulis melalui program GLS. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman wawancara dan lembar kuesioner. Wawancara dilakukan kepada guru Bahasa Indonesia dan kuesioner diisi oleh siswa. Penelitian ini dilakukan di dua SMP Banda Aceh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang digunakan guru dalam menumbuhkan literasi baca-tulis melalui program GLS di SMPN 3 Banda Aceh adalah (1) membaca 20 menit di awal pembelajaran, (2) siswa memilih buku yang disukai, dan (3) siswa menuliskan kembali hasil yang telah dibaca. Pada SMPN 10 Banda Aceh strategi yang digunakan guru dalam menumbuhkan literasi baca-tulis melalui program GLS adalah (1) one day one book , (2) guru yang memilih buku bacaan, dan (2) story telling. Respon siswa terhadap penggunaan strategi yang digunakan guru dalam menumbuhkan literasi baca-tulis 96% mengatakan bahwa mereka menyukai strategi yang digunakan guru pada kegiatan Gerakan Legiatan Sekolah dan 3% siswa mengatakan tidak suka. Dalam sehari 52% siswa menghabiskan waktu untuk membaca selama 1 jam, 12% siswa lebih dari 2 jam , 34% siswa kurang dari 1 jam. Siswa membaca dalam keadaan kapan suka 39% siswa, ketika ada tugas 24% siswa, dan 97% siswa membaca ketika ada waktu luang. Target buku yang dibaca siswa dalam kurun waktu tertentu 5% siswa 1 bulan 1 buku, 16% siswa 1 bulan 2 buku, 28% siswa 1 bulan lebih dari 2, 3 buku. Kata Kunci: Strategi, Literasi Baca-Tulis, Pembelajaran Daring

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

kjb

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Kode adalah jurnal yang dikelola oleh Prodi Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Medan. Jurnal ini terbit empat kali dalam setahun pada bulan Maret, Juni, September, dan Desember. Aspek kajian jurnal ini berisi tentang hasil penelitian dan ...