Kode : Jurnal Bahasa
Vol 9, No 2 (2020): KODE

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL AIR (AUDITORY, INTELECTUALLY AND REPOTITION) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS NARASI SISWA KELAS VII SMP KATOLIK TRI SAKTI 2 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020

Enna Miss Sihite (Unknown)
Diah Eka Sari (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jun 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  model pembelajaran AIR (Auditory, Intelectually and repotition) Terhadap Kemampuan Menulis Teks Narasi Pada Siswa Kelas VII SMP Katolik Tri Sakti 2 Medan tahun Pembelajaran 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang terdiri dari 2 kelas yang berjumlah 60 siswa. Sampel penelitian ini adalah kelas VII-Ayang berjumlah 30 siswa dan kelas VIIByang berjumlah 30 siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen. Berdasarkan pengolahan data, diperoleh hasil belajar siswa dalam menulis teks narasi pada kelas eksperimen dengan nilai rata-rata sebesar 81,1, sedangkan hasil belajar siswa dalam menulis teks narasi pada kelas kontrol adalah sebesar 67,6. Dengan membandingkan kedua nilai tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa thitung> ttabel, yaitu 6,01 > 2,042. Hal ini berarti hipotesis alternatif (Hα) diterima. Hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran AIR (Auditory, Intelectually and repotition) Terhadap Kemampuan Menulis Teks Narasi Pada Siswa Kelas VII SMP Katolik Tri Sakti 2 Medan tahun Pembelajaran 2019/2020.  Kata Kunci : Efektivitas, Model Pembelajaran AIR (Auditory, Intelectually and Repotition),MenulisTeks Narasi.   

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

kjb

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Kode adalah jurnal yang dikelola oleh Prodi Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Medan. Jurnal ini terbit empat kali dalam setahun pada bulan Maret, Juni, September, dan Desember. Aspek kajian jurnal ini berisi tentang hasil penelitian dan ...