Kode : Jurnal Bahasa
Vol 11, No 1 (2022): Kode: Edisi Maret 2022

Pembelajaran Menyusun Teks Ulasan Siswa Kelas VIII Berdasarkan K-13 (Studi Kasus: MTs. Muhammadiyah 1 Malang)

Irna Rinawatul Fitriyah (Universitas Muhammadiyah Malang)
Fauzan Fauzan (Universitas Muhammadiyah Malang)
Arif Setiawan (Universitas Muhammadiyah Malang)
Musaffak Musaffak (Universitas Muhammadiyah Malang)
Sasmito Sasmito (Universitas Muhammadiyah Malang)



Article Info

Publish Date
23 Mar 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) perencanaan pembelajaran menyusun teks ulasan siswa kelas VII berdasarkan K-13, (2) pelaksanaan pembelajaran menyusun teks ulasan siswa kelas VII berdasarkan K-13, (3) penilian pembelajaran menyusun teks ulasan siswa kelas VII berdasarkan K-13. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian studi kasus dengan obejek penelitian yaitu guru bahasa Indonesia di MTs. Muhammadiyah 1 Malang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian yaitu (1) perencanaan pembelajaran menyusun teks ulasan siswa kelas VIII berdasarkan K-13, RPP yang dirancang oleh guru telah sesuai dengan standar proses Kurikulum 2013, (2) pelaksanaan pembelajaran menyusun teks ulasan siswa kelas VIII berdasarkan K-13, kegiatan pembelajaran dengan mengamati, bertanya, menumpulkan informasi, menegosiasi, menganalisis, dan memaparkan informasi dalam pembelajaran yang berpusat pada peserta didik, (3) deskripsi penilaian pembelajaran menyusun teks ulasan siswa kelas VIII berdasarkan K-13, yaitu menerapkan aspek penilaian berdasarkan tiga ranah domain(kognitif, psikomotorik, dan sikap). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menyususn teks ulasan siswa kelas VIII di MTs. Muhammadiyah 1 Malang telah sesuai dengan standar proses Kurikulum 2013 mulai dari perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, serta penilaian pembelajaran.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

kjb

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Kode adalah jurnal yang dikelola oleh Prodi Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Medan. Jurnal ini terbit empat kali dalam setahun pada bulan Maret, Juni, September, dan Desember. Aspek kajian jurnal ini berisi tentang hasil penelitian dan ...