Penelitan ini adalah penelitan penerapan dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep IPA siswa kelas V SDN 7 Sila Kecamata Bolo Kabupaten Bima NTB.Peneliti mendesain percobaan sederhana menggunakan bahan yang ada disekitar siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah one group pretest-posttest design, dengan menggunakan satu kelompok subyek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep IPA siswa meningkat setelah perlakukan, dengan hasil pretest sebesar 65% siswa yang tuntas, artinya hanya 13 orang dari 20 siswa tuntas mencapai standar KKM sekolah ≥ 75. Sedangkan hasil postes yang tuntas sebanyak 90% siswa, artinya 18 orang dari 20 siswa tuntas, hanya 2 orang yang tidak tuntas. Namun secara keseluruhan penelitian ini sudah sukses meningkatkan pemahaman konsep siswa sescara klasikal. Selain itu motivasi dan respon siswa berada pada kategori sangat baik. Karena siswa usia 8-12 tahun cenderung mudah memahami sesuatu yang familiar dengan siswa itu sediri, siswa lebih aktif dan senang jika didesai pembelajaran yang menyerupai lingkungan mereka sehari-hari.
Copyrights © 2020