cover
Contact Name
Widia
Contact Email
widia.fiska09@gmail.com
Phone
+6285338122355
Journal Mail Official
lutfiaryanto@habi.ac.id
Editorial Address
Jl. Pendidikan STKIP Harapan Bima
Location
Kota bima,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Pendikdas: Jurnal Pendidikan Dasar
Published by STKIP Harapan Bima
ISSN : 27748596     EISSN : 27748979     DOI : 10.36312
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan Dasar yang diterbitkan oleh STKIP Harapan Bima dengan periode terbit setiap bulan Mei dan November (dua kali setahun). Jurnal Pendidikan Dasar merupakan jurnal yang memuat didalamnya kajian konseptual dan hasil penelitian Pendidikan Dasar.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 34 Documents
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IX-4 MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 KOTA BIMA Asni Asni
Pendikdas: Pendidikan Dasar Vol 2, No 1 (2021): Mei 2021
Publisher : STKIP HARPAN BIMA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (384.499 KB) | DOI: 10.56842/pendikdas.v2i1.84

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK). Peneltian ini menggunakan model discovery learning. subjek penelitian adalah kelas IX-4 MTs Negeri 2 Kota Bima  NTB, dengan jumlah siswa 33 orang. Tindakan dilakukan 2 siklus dengan prosedur penelitian; Perencanaan (Plan), Pelaksanaa (Act). Observasi (Observe) Refleksi (Reflect). Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa IX-4 MTs Negeri Kota Bima. Dengan perbandingan pada siklus I ketuntasan klasikal siswa 76%, meningkat menjadi 88% pada siklus II. Begitupun aktivitas dan respon siswa meningkat, pada siklus I aktivitas siswa 50% dan respon siswa 80%, meningkat menjadi 88% dan 96% pada siklus II.  
Desain Percobaan IPA dengan Bahan Dari Lingkungan untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Sisiwa W. Widia; Fitria Sarnita
Pendikdas: Pendidikan Dasar Vol 1, No 02 (2020): November 2020
Publisher : STKIP HARAPAN BIMA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (348.392 KB) | DOI: 10.56842/pendikdas.v1i1.12

Abstract

Penelitan ini adalah penelitan penerapan dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep IPA siswa kelas V SDN 7 Sila Kecamata Bolo Kabupaten Bima NTB.Peneliti mendesain percobaan sederhana menggunakan bahan yang ada disekitar siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini  adalah one group pretest-posttest design, dengan menggunakan satu kelompok subyek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep IPA siswa meningkat setelah perlakukan, dengan hasil pretest sebesar 65% siswa yang tuntas, artinya hanya 13 orang dari 20 siswa tuntas mencapai standar KKM sekolah ≥ 75. Sedangkan hasil postes yang tuntas sebanyak 90% siswa, artinya 18 orang dari 20 siswa tuntas, hanya 2 orang yang tidak tuntas. Namun secara keseluruhan penelitian ini sudah sukses meningkatkan pemahaman konsep siswa sescara klasikal. Selain itu motivasi dan respon siswa berada pada kategori sangat baik. Karena siswa usia 8-12 tahun cenderung mudah memahami sesuatu yang familiar dengan siswa itu sediri, siswa lebih aktif dan senang jika didesai pembelajaran yang menyerupai lingkungan mereka sehari-hari. 
Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Tipe Script Terhadap Hasil Belajar Siswa Pokok Bahasan Program Linear Kelas XI SMAN 1 Sape Rini Anggriani; Edi Mulyadin
Pendikdas: Pendidikan Dasar Vol 1, No 02 (2020): November 2020
Publisher : STKIP HARAPAN BIMA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (361.565 KB) | DOI: 10.56842/pendikdas.v1i1.25

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran  Cooperative tipe Script terhadap hasil belajar siswa pokok bahasan program linear kelas XI SMA Negeri 1 Sape. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah true eksperimen, dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, desain yang dinggunakan adalah Posttest Only Control Design, dengan pengambilan sampel secara cluster random sampling. Popolasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 1 Sape dengan jumlah keseluruhan 210 siswa. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas XI IPA 5 (eksperimen) dengan jumlah siswa 36 orang dan kelas XI IPA 6 (kontrol) dengan jumlah siswa 36 orang. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar yang berupa posttest. Instrumennya berupa soal uraian yang terdiri dari 5 soal. Teknik analisis data menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan nilai thitung = 0,208163 dan nilai ttabel = 1,994437 pada taraf siginifikan 5% dan n = 72, uji satu pihak diperoleh dk = 72 – 2 = 70. Dk yang dekat dengan 70 dan 72 ditemukan dengan nilai ttabel sebesar 1,994437. karena harga thitung lebih kecil dari ttabel (0,208163 1,994437) sehingga Ho diterima dan Ha ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dalam materi program linear yang diajarkan dengan model pembelajaran cooperative tipe script tidak berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pokok bahasan program linear kelas XI SMAN 1 Sape
Penerapan Model Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Menyenangkan (PAIKEM) dalam Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Geografi Siswa Kelas X SMAN 2 Wera Syafruddin Syafruddin
Pendikdas: Pendidikan Dasar Vol 2, No 2 (2021): November 2021
Publisher : STKIP HARPAN BIMA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (254.258 KB) | DOI: 10.56842/pendikdas.v2i2.87

Abstract

Permasalahan dalam penelitian adalah penggunaan penerapan model pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, menyenangkan  (PAIKEM) dapat meningkatkan prestasi belajar IPS Geografi pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Wera.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran IPS Geografi pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Wera dengan menerapkan model PAIKEM. Subjek penelitian ini adalah siswa terdaftar pada semester ganjil tahun pelajaran 2021 sebanyak 22 orang, terdiri dari 10 orang laki laki serta 12 orang perempuan dan guru kelas X SMA Negeri 2 Wera. Prosedur dalam penelitian ini adalah: (1) perencanaan; (2) pelaksanaan tindakan; (3) observasi; (4) evaluasi; dan (5) refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam II siklus, dan tiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Selanjutnya data kuantitatif dianalisis secara deskriptif kualitatif, sedangkan data kualitatif  dianalisis secara deskriptif kuantitatif.  Dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar pada materi pokok memahami sejarah pembentukan bumi dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran PAIKEM. Pada siklus I, kemampuan siswa mencapai rata rata 74,8 dengan ketuntasan secara klasikal 77% siswa yang mencapai ketuntasan 17 orang dari 22 orang, dan pada siklus II meningkat menjadi rata rata 80,02 dengan ketuntasan 91% siswa yang tuntas dari 22 siswa. Dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa penerapan pendekatan pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, menyenangkan (PAIKEM) dapat meningkatkan prestasi belajar IPS geografi pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Wera
Penerapan Model Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) untuk Melatihkan Keterampilan Komunikasi Siswa pada Materi Perubahan Iklim Eva Nursaban; Nurul Istiqomah; Dodo Susanto
Pendikdas: Pendidikan Dasar Vol 1, No 02 (2020): November 2020
Publisher : STKIP HARAPAN BIMA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (263.055 KB) | DOI: 10.56842/pendikdas.v1i1.13

Abstract

Penelitan ini adalah penelitan penerapan model kooperatif tipe TTW dengan tujuan untuk melatih keterampilan komunikasi  siswa kelas VI SDN 1 Nunggi Kecamata Wera Kabupaten Bima NTB. Metode yang digunakan pada penelitian ini  adalah one group pretest-posttest design. Perangkat pembelajan yang digunakan pada penelitan ini terdiri atas; RPP, LKS, Buku Ajar dan Instrumen kemampuan komunikasi yang sudah di validasi. Instrumen penelitian ini adalah lembar keterlaksanaan pembelajaran, lembar pengamatan aktivitas, tes penilaian keterampilan komunikasi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa RPP terlaksana dan berada pada interval 3,5., persentase aktivitas siswa sudah sesuai, siswa memberikan respon posistif serta sangat antusias untuk mengikutinya, sedangkan keterampilan berkomunikasi siswa meningkat setelah perlakuan  dengan hasil pretest sebesar 35,3 berada pada kategori kurang baik, postest 92,64 berada pada kategori sangat baik siswa, artinya pembelajaran dengan model kooperatif tipe TTW efektif digunakan untuk melatih keterampilan komunikasi siswa pada materi perubahan iklim.
DAMPAK BENCANA BANJIR BANDANG TERHADAP AKTIVITAS MASYARAKAT DI KECAMATAN BOLO KABUPATEN BIMA Rostati Rostati; Lutfin Haryanto
Pendikdas: Pendidikan Dasar Vol 2, No 1 (2021): Mei 2021
Publisher : STKIP HARPAN BIMA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (269.102 KB) | DOI: 10.56842/pendikdas.v2i1.66

Abstract

Banjir merupakan fenomena alam yang biasa terjadi di suatu kawasan yang banyak dialiri oleh aliran sungai. Secara sederhana banjir dapat didefinisikan sebagai hadirnya air di suatu kawasan luas sehingga menutupi permukaan bumi kawasan tersebut Tujuan penelitian ini adalah menganalisis dampak bencana banjir bandang terhadap aktivitas masyarakat di Kecamatan Bolo, Kabupaten Bima. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah masyarakat yang terdampak banjir dan pemerintah di Kecamatan Bolo. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa dampak banjir di Kecamatan Bolo dapat menghambat aktivitas masyarakat di Kecamatn Bolo karena melanda pusat perdagangan dan industri dapat melumpuhkan sektor perdagangan. Di sektor pendidikan dengan banyaknya sarana dan prasarana sekolah yang terendam banjir, banyak sekolah diliburkan, kegiatan belajar mengajar menjadi terhenti, terlebih jika bangunan sekolah menjadi rusak maka diperlukan tempat lain untuk kegiatan belajar dan mengajar.
Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) Terhadap Motivasi Belajar Siswa S. Sarfiah; Y. Yusuf
Pendikdas: Pendidikan Dasar Vol 1, No 02 (2020): November 2020
Publisher : STKIP HARAPAN BIMA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (298.98 KB) | DOI: 10.56842/pendikdas.v1i1.14

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share (TPS) di kelas IV semester I pada MIS Rite Kecamatan Ambalawi Bima. Penelitian ini dilakukan selama kurang lebih satu bulan dan dilakukan dalam tiga siklus. Data kegiatan belajar mengajar diperoleh dengan cara melakukan observasi kelas, hasil siklus I ketuntasan klasikal siswa sebesar 52,63%, siklus II ketuntasan klasikal siswa sebesar 68,42%, dan pada siklus III ketuntasannya sebesar 79,49%. Sedangkan data motivasi belajar siswa diperoleh melalui penyebaran angket pada siswa. Data mengenai ketuntasan belajar siswa diperoleh dengan pemberian tes pada setiap akhir siklus setelah diberikan perlakuan dengan model pembelajaran yang digunakan. Dari data hasil pengamatan dan tes terhadap siswa terlihat adanya peningkatan ketuntasan belajar siswa. Sedangkan dari angket yang sudah disebarkan, terlihat bahwa para siswa memiliki motivasi belajar yang berada pada interval tinggi dan sedang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa
Penerapan Model Kooperatif Tipe TPS (Think Pair Share) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas VI SDN 42 Kota Bima Agus Haryanto
Pendikdas: Pendidikan Dasar Vol 2, No 1 (2021): Mei 2021
Publisher : STKIP HARPAN BIMA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (369.262 KB) | DOI: 10.56842/pendikdas.v2i1.68

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK). Peneltian ini menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share).  subjek penelitian adalah kelas VI SDN 42 Kota Bima, NTB dengan jumlah siswa 20 orang. Tindakan dilakukan 2 siklus dengan prosedur penelitian; Perencanaan (Plan), Pelaksanaa (Act). Observasi (Observe) Refleksi (Reflect). Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas VI SDN 42 Kota Bima. Dengan perbandingan pada siklus I ketuntasan klasikal siswa 50%, meningkat menjadi 85% pada siklus II. Begitupun aktivitas dan respon siswa meningkat, pada siklus I aktivitas siswa 50% dan respon siswa 80%, meningkat menjadi 87% dan 100% pada siklus II
Penggunaan Model Kooperatif Tipe STAD Diintegrasikan dengan Media Pasang Kartu pada Papan untuk Melatih Pemahaman Konsep Siswa Azra Fauzi; Lisda Ramdhani; H. Hermasyah
Pendikdas: Pendidikan Dasar Vol 1, No 02 (2020): November 2020
Publisher : STKIP HARAPAN BIMA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (426.385 KB) | DOI: 10.56842/pendikdas.v1i1.15

Abstract

Pasang kartu pada papan dalam setting pembelajaran kooperatif untuk melatih pemahaman konsep. Data hasil penelitian meliputi: (1) Validitas perangkat pembelajaran dengan hasil penilaian dari validator terdiri dari Silabus, RPP, BAS, LKS,  THB, dan  Media  dengan  kategori valid;  (2)  Kepraktisan  perangkat  pembelajaran  dengan  hasil pengamatan dari pengamat terdiri dari Keterlaksanaan RPP dengan kategori sangat baik dan kendala- kendala yang muncul selama pembelajaran di kelas. (3) Keefektifan perangkat pembelajaran yaitu semua siswa tuntas dalam pemahaman konsep dan semua siswa tuntas dalam keterampilan komunikasi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran fisika yang mengintegrasikan media pasang kartu pada papan dalam setting pembelajaran kooperatif untuk melatih pemahaman konsep dan keterampilan komunikasi layak digunakan.
PENERAPAN STRATEGI MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PESERTA DIDIK KELAS IX-III MTSN 2 KOTA BIMA Asni Asni
Pendikdas: Pendidikan Dasar Vol 2, No 2 (2021): November 2021
Publisher : STKIP HARPAN BIMA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (307.746 KB) | DOI: 10.56842/pendikdas.v2i2.78

Abstract

Penelitian ini adalah penelitan tindakan kelas (PTK). Tindakan dilakukan dengan 2 siklus dengan prosedur penelitian; Perencanaan (Plan), Pelaksanaan (Act). Observasi (Observe) Refleksi (Reflect). Subjek penelitian adalah kelas IX-3 MTs Negeri 2 Kota Bima dengan jumlah peserta didik 36 orang. Penelitian ini dilakukan 3 bulan Dilaksanakan pada tanggal 19 Juli sampai dengan 16 Oktober 2021. Standar ketuntasan maksimal yang diterapkan pada penelitian ini adalah 80 dengan Indikator ketuntasanklasikal adalah 80%. Hasil penelitian pada siklus I dengan rata-rata 79 maka terdapat 25 peserta didik yang tuntas dan 11 peserta didik yang tidak tuntas. Sehingga ketuntasan klasikal pada siklus I adalah 69%  sehingga dilanjutkan pada siklus II.  Hasil penelitian pada siklus II dengan rata-rata 85 maka terdapat 30 peserta didik yang tuntas dan 6 peserta didik yang tidak tuntas. Maka ketuntasan klasikal pada siklus II adalah 83%  sehingga siklus pembelajaran bisa dihentikan karena sudah memenuhi indikator ketuntasan klasikal.

Page 1 of 4 | Total Record : 34