Pendikdas: Jurnal Pendidikan Dasar
Vol 1, No 02 (2020): November 2020

Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) Terhadap Motivasi Belajar Siswa

S. Sarfiah (MIS Rite, Ambalawi)
Y. Yusuf (SMAN 1 Ambalawi)



Article Info

Publish Date
20 Jan 2021

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share (TPS) di kelas IV semester I pada MIS Rite Kecamatan Ambalawi Bima. Penelitian ini dilakukan selama kurang lebih satu bulan dan dilakukan dalam tiga siklus. Data kegiatan belajar mengajar diperoleh dengan cara melakukan observasi kelas, hasil siklus I ketuntasan klasikal siswa sebesar 52,63%, siklus II ketuntasan klasikal siswa sebesar 68,42%, dan pada siklus III ketuntasannya sebesar 79,49%. Sedangkan data motivasi belajar siswa diperoleh melalui penyebaran angket pada siswa. Data mengenai ketuntasan belajar siswa diperoleh dengan pemberian tes pada setiap akhir siklus setelah diberikan perlakuan dengan model pembelajaran yang digunakan. Dari data hasil pengamatan dan tes terhadap siswa terlihat adanya peningkatan ketuntasan belajar siswa. Sedangkan dari angket yang sudah disebarkan, terlihat bahwa para siswa memiliki motivasi belajar yang berada pada interval tinggi dan sedang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

Pendikdas

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Dasar yang diterbitkan oleh STKIP Harapan Bima dengan periode terbit setiap bulan Mei dan November (dua kali setahun). Jurnal Pendidikan Dasar merupakan jurnal yang memuat didalamnya kajian konseptual dan hasil penelitian Pendidikan ...