Pendikdas: Jurnal Pendidikan Dasar
Vol 2, No 2 (2021): November 2021

PENERAPAN STRATEGI MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PESERTA DIDIK KELAS IX-III MTSN 2 KOTA BIMA

Asni Asni (MTs Negeri 2 Kota Bima, NTB)



Article Info

Publish Date
14 Nov 2021

Abstract

Penelitian ini adalah penelitan tindakan kelas (PTK). Tindakan dilakukan dengan 2 siklus dengan prosedur penelitian; Perencanaan (Plan), Pelaksanaan (Act). Observasi (Observe) Refleksi (Reflect). Subjek penelitian adalah kelas IX-3 MTs Negeri 2 Kota Bima dengan jumlah peserta didik 36 orang. Penelitian ini dilakukan 3 bulan Dilaksanakan pada tanggal 19 Juli sampai dengan 16 Oktober 2021. Standar ketuntasan maksimal yang diterapkan pada penelitian ini adalah 80 dengan Indikator ketuntasanklasikal adalah 80%. Hasil penelitian pada siklus I dengan rata-rata 79 maka terdapat 25 peserta didik yang tuntas dan 11 peserta didik yang tidak tuntas. Sehingga ketuntasan klasikal pada siklus I adalah 69%  sehingga dilanjutkan pada siklus II.  Hasil penelitian pada siklus II dengan rata-rata 85 maka terdapat 30 peserta didik yang tuntas dan 6 peserta didik yang tidak tuntas. Maka ketuntasan klasikal pada siklus II adalah 83%  sehingga siklus pembelajaran bisa dihentikan karena sudah memenuhi indikator ketuntasan klasikal.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Pendikdas

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Dasar yang diterbitkan oleh STKIP Harapan Bima dengan periode terbit setiap bulan Mei dan November (dua kali setahun). Jurnal Pendidikan Dasar merupakan jurnal yang memuat didalamnya kajian konseptual dan hasil penelitian Pendidikan ...