JURNAL PENDIDIKAN INDONESIA: Teori, Penelitian, dan Inovasi
Vol 1, No 1 (2021): Jurnal pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi

HUBUNGAN STATUS SOSIAL ORANGTUA DAN FASILITAS BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 PEMATANGSIANTAR TAHUN AJARAN 2018/2019

Sotarduga Sihombing (FKIP UHKBPN Pematangsiantar)



Article Info

Publish Date
19 Oct 2021

Abstract

Masalah pokok yang paling banyak dihadapi oleh siswa adalah masalah belajar. Biasanya masalah belajar disebabkan kurangnya fasilitas belajar tidak hanya di sekolah tetapi juga di rumah. Oleh karena itu diharapkan peranan dari orangtua untuk memperhatikan dan membimbing siswa dirumah dan memberikan fasilitas belajar yang baik. Faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa selain dari dalam diri (faktor intern) juga dari luar (faktor ekstern). Faktor sosial ekonomi orang tua, motivasi, fasilitas belajar di rumah, merupakan faktor yang berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Penyediaan fasilitas belajar di rumah oleh orangtua merupakan faktor eksternal yang juga sangat mempengaruhi hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui dokumentasi, angket pada populasi dan sampel, kemudian mengetes atau pengujian. Melakukan penilaian kualitas instrumen penelitian melalui penilaian kualitas angket pada bagian uji validitas dan uji reliabilitas. Hasil penelitian merangkum temuan penelitian sebagai berikut: (1) Regresi linier multiple antara variabel Y atas X1 dan X2 diperoleh. Dari regresi tersebut dapat dikatakan bahwa status sosial orangtua lebih mempengaruhi hasil belajar siswa dibandingkan fasilitas belajar. (2) Hubungan status sosial orangtua denganhasil belajar ekonomi siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Pematangsiantar Tahun Pelajaran 2018/2019 adalah cukup tinggi (0,72). (3) Hubungan fasilitas belajar dengan hasil belajar ekonomi siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Pematangsiantar Tahun Pelajaran 2018/2019 adalah cukup tinggi (0,66). (4) Hubungan antarastatus sosial orangtua dan fasilitas belajar dengan hasil belajar ekonomi siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Pematangsiantar Tahun Pelajaran 2018/2019 adalah cukup tinggi (0,72).

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JPI

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi adalah jurnal peer-review yang memiliki ISSN (2807-3878) yang diterbitkan oleh Penerbit Widina di bawah Badan Hukum CV. Widina Media Utama sejak tahun 2021. JPI merupakan media terintegrasi untuk komunikasi berkelanjutan terkait dengan ...