cover
Contact Name
Elan Jaelan
Contact Email
redaksi.penerbitwidina@gmail.com
Phone
+628157000699
Journal Mail Official
redaksi.penerbitwidina@gmail.com
Editorial Address
CV. Widina Media Utama Komp. Puri Melia Asri Blok C3 No. 17 Kec. Solokan Jeruk Kab. Bandung.
Location
Kab. bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Indonesia
Published by Widina Media Utama
ISSN : -     EISSN : 28073878     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi adalah jurnal peer-review yang memiliki ISSN (2807-3878) yang diterbitkan oleh Penerbit Widina di bawah Badan Hukum CV. Widina Media Utama sejak tahun 2021. JPI merupakan media terintegrasi untuk komunikasi berkelanjutan terkait dengan temuan penelitian baru yang signifikan terkait dengan pendidikan, termasuk: bidang penelitian pendidikan dalam pengajaran, pembelajaran dan pengajaran, pengembangan kurikulum, lingkungan belajar, pendidikan guru, teknologi pendidikan, dan pengembangan pendidikan.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 107 Documents
IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN INKUIRI MODEL ALBERTA BERBANTUAN LKPD DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA siti dewi mutoharoh
Jurnal pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi Vol 2, No 3 (2022): Jurnal pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi
Publisher : Jurnal pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui apakah pembelajaran Inkuiri Model Alberta berbantuan LKPD dapat meningkatkan prestasi belajar dan keaktifan peserta didik kelas V SD 6 Margorejo pada mata pelajaran matematika Materi Bangun Ruang. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik tes dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan : 1) Pembelajaran Inkuiri Model Alberta berbantuan LKPD dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik kelas V SD 6 Margorejo pada mata pelajaran matematika Materi Bangun Ruang; 2) Pembelajaran Inkuiri Model Alberta berbantuan LKPD dapat meningkatkan Keaktifan peserta didik kelas V SD 6 Margorejo pada mata pelajaran matematika Materi Bangun Ruang.
PENGARUH QUIZZIZ DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SISTEM PENCERNAAN MANUSIA KELAS VIII DI MTSN 1 KOTA SURABAYA Vera Nur Aini
Jurnal pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi Vol 1, No 3 (2021): Jurnal pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi
Publisher : Jurnal pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (222.063 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Quizizz terhadap hasil belajar IPA siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian Pre-Experimental Designs. Pengambilan sampel digunakan dengan teknik Purpose sampling, sampel dalam penelitian ini adalah siswa dari kelas yaitu VIII B dan VIII E. Untuk mengukur hasil belajar peserta didik kelas VIII MTsN 1 Kota Surabaya, peneliti menggunakan instrumen berupa soal pilihan ganda sebanyak 20 butir, di mana jawaban pada masing-masing item berupa lima alternatif pilihan dengan satu jawaban yang benar. Sebelum diterapkan pada peserta didik, instrumen di analisis terlebih dahulu untuk mengetahui tingkat validitas dan reliabilitas perangkat yang akan digunakan, sehingga instrument tersebuut layak untuk digunakan. Pada hasil analisis uji N-Gain, data yang diperoleh menunjukkan angka 0,71 yang berarti masuk dalam kategori tinggi. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan Quizziz sangat berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII MTsN 1 Kota Surabaya.
MANAJEMEN KEARSIPAN TENAGA KEPENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN LAYANAN ADMINISTRASI DI SMA MAJALAYA PUTRA KABUPATEN BANDUNG Lestary Gustina; Asep Taufik Hidayat
Jurnal pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi Vol 1, No 1 (2021): Jurnal pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi
Publisher : Jurnal pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (451.567 KB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa di zaman sekarang ini informasi menjadi kebutuhan mutlak bagi setiap instansi baik instansi pemerintah maupun swasta. Informasi juga diperlukan untuk mendukung proses kerja administrasi suatu lembaga khususnya di bidang pendidikan. Arsip adalah rekaman kegiatan atau peristiwa dalam berbagai bentuk dan media sesuai dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang dibuat dan diterima oleh lembaga pendidikan dalam penyelenggaraan kehidupan berbangsa, berbangsa, dan bernegara. Sistem penyimpanan arsip yang baik dapat memudahkan pihak sekolah dalam melakukan kegiatan administrasi dalam melaksanakan tugasnya, sehingga pengelola arsip dapat menghasilkan informasi fisik dan arsip serta memelihara arsip terutama dengan pengawasan dan pengelolaan arsip sebagai sumber data dapat bermanfaat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif, dengan tujuan untuk mendeskripsikan atau mendeskripsikan pengelolaan arsip tenaga kependidikan, serta fenomena-fenomena yang muncul di lokasi penelitian. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data yang diperoleh dengan cara wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Agar hasil penelitian tersusun secara sitematis, langkah-langkah penulis dalam menganalisis data adalah terlebih dahulu memilih hal-hal yang pokok dan memfokuskan pada hal-hal yang penting. baik menyajikan data dalam bentuk brief, dan sejenisnya. Ketiga menarik kesimpulan guna menjawab rumusan masalah yang dirumuskan sejak awal. Berdasarkan hasil penelitian ini penulis menyimpulkan: (1) Pengelolaan kearsipan tenaga kependidikan dalam meningkatkan pelayanan administrasi di SMA Majalaya Putra sudah baik dan benar sesuai dengan prosedur yang dilaksanakan; (2) Faktor pendukung manajemen kearsipan tenaga kependidikan dalam meningkatkan pelayanan administrasi yaitu belum adanya teknologi modern ditambah pegawai yang sudah lama menjabat sebagai tenaga administrasi namun kendala yang dihadapi adalah letak sekolah yang rawan banjir, kurangnya peralatan kearsipan dan sarana prasarana fasilitas tempat khusus arsip; (3) Mengatasi kendala yaitu dengan memanfaatkan fasilitas yang ada dan membersihkan atau mengeringkan arsip yang masih bisa diselamatkan akibat banjir..
PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG MATERI SIFAT-SIFAT CAHAYA MELALUI METODE DISCOVERY LEARNING Anik Istidah; Usep Suherman; Abdul Holik
Jurnal pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi Vol 2, No 1 (2022): Jurnal pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi
Publisher : Jurnal pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (330.759 KB)

Abstract

Penelitian Tindakan ini dilatarbelakangi oleh adanya model pembelajaran yang digunakan kurang bervariasi, dalam proses belajar mengajar, guru belum mampu menciptakan pembelajaran yang aktif dan menyenangkan, sehingga siswa mengalami kejenuhan selama proses pembelajaran dan siswa kurang berperan aktif, siswa masih suka bermain sendiri saat belajar, sehingga hasil belajar siswa tidak mencapai KKM. Berdasarkan rumusan penulis, penulis merumuskan hipotesis: bahwa jika dengan menggunakan metode Discovery Learning pada pembelajaran IPA maka akan meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan: (a) untuk menerapkan metode discovery learning untuk peningkatan hasil belajar IPA materi sifat-sifat cahaya pada siswa kelas IV MI Daarul Qolam Bandung, (b) untuk mengetahui hasil belajar IPA materi sifat-sifat cahaya melalui metode discovery learning pada siswa kelas IV MI Daarul Qolam Bandung, (c) untuk meningkatan hasil belajar IPA materi sifat-sifat cahaya melalui metode discovery learning pada siswa kelas IV MI Daarul Qolam Bandung. Metode yang digunakan peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan langkah-langkah yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi pada setiap siklusnya. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Dalam tiap siklusnya dilaksanakan kegiatan pembelajaran dengan menerapkan metode Discovery Learning. Subjek penelitian yaitu siswa kelas IV terdiri dari 34 siswa. Penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar siswa dalam materi sifat-sifat cahaya melalui metode Discovery Learning dapat meningkat. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari hasil penelitian tindakan kelas pada siklus I dan II. Pada siklus I siswa yang tuntas KKM sebanyak 10 siswa atau 29,41%. Pada siklus II siswa yang tuntas KKM sebanyak 30 siswa atau 88,23% meningkat 58,82% dari siklus I. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi sifat-sifat cahaya pada siswa kelas IV MI Daarul Qolam Kecamatan Margahayu Kabupaten Bandung tahun pelajaran 2020/2021.
MANAJEMEN DAN METODE PELATIHAN PADA IRWANI PANE INSTITUTE Muhammad Asir; Rahmi Rahmi
Jurnal pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi Vol 1, No 2 (2021): Jurnal Pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian dan Inovasi
Publisher : Jurnal pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (60.71 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) manajemen dan metode pelatihan, 2) hambatan-hambatannya, dan 3) solusi dalam mengatasi hambatan penerapan manajemen dan metode pelatihan pada Irwani Pane Institut. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, yaitu penulis menggambarkan hasil observasi dan wawancara dengan pihak institut di unit staf. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juni sampai Juli 2020. Hasil penelitian ini menunjukkkan bahwa manajemen yang diterapkan adalah perencanaan; tempat, jadwal, media, metode, dan materi/pemateri. Metode adalah kuliah atau ceramah, peragaan, latihan/praktek, latihan instruksi kerja, studi kasus, permainan (playing games), bermain peran (role play), pembelajaran daring (online learning). Hambatan yang dialami dalam manajemen dan metode pelatihan antara lain penempatan waktu yang tidak on time dan kurangnya staf. Adapun upaya untuk mengatasi hambatan tersebut adalah membuat group chat yang terdiri dari staf yang bekerja di Irwani Pane Institute agar jadwal dapat digunakan dengan baik dan semaksimal mungkin.
Implementasi Kebijakan Pendidikan Berkarakter di Kabupaten Purwakarta Surya Hadi Darma; Dyah Wulandari
Jurnal pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi Vol 2, No 1 (2022): Jurnal pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi
Publisher : Jurnal pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (147.61 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan evaluasi terhadap kebijakan Pemerintah Kabupaten Purwakarta tentang implementasi kebijakan pendidikan karakter, hal tersebut diawali oleh temuan peneliti bahwa terdapat beberapa program yang tidak berjalan maksimal sehinggap diperlukan adanya suatu pembaharuan dalam pembuatan kebijakan pendidikan di Kabupaten Purwakarta. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. metode penelitian yang digunakan adalah field research dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Selanjutnya data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan kuisioner. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa Pengorganisasian implementasi kebijakan pendidikan berkarakter di Kabupaten Purwakarta masih belum berjalan secara optimal, hal ini nampak dari sumber daya yang belum optimal, struktur birokrasi yang belum memiliki mekanisme kerja dalam pengimplementasian kebijakan dan metode sosialisasi yang belum dilaksanakan secara menyeluruh menghambat pelaksanaan kebijakan pendidikan Berkarakter di Kabupaten Purwakarta. Selanjutnya interpretasi kebijakan pendidikan pendidikan berkarakter di Kabupaten Purwakarta masih belum sepenuhnya difahami secara menyeluruh. Dan penerapan kebijakan pendidikan berkarakter di Kabupaten Purwakarta masih belum berjalan secara optimal. Terdapat beberapa hambatan yang dalam proses penerapan kebijakan pendidikan di Purwakarta, diantaranya:1) proses sosialisasi tidak dilaksanakan secara menyeluruh, 2) belum tumbuhnya kesadaran bersama, 3) proses evaluasi tidak berjalan optimal.
HUBUNGAN STATUS SOSIAL ORANGTUA DAN FASILITAS BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 PEMATANGSIANTAR TAHUN AJARAN 2018/2019 Sotarduga Sihombing
Jurnal pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi Vol 1, No 1 (2021): Jurnal pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi
Publisher : Jurnal pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (525.4 KB)

Abstract

Masalah pokok yang paling banyak dihadapi oleh siswa adalah masalah belajar. Biasanya masalah belajar disebabkan kurangnya fasilitas belajar tidak hanya di sekolah tetapi juga di rumah. Oleh karena itu diharapkan peranan dari orangtua untuk memperhatikan dan membimbing siswa dirumah dan memberikan fasilitas belajar yang baik. Faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa selain dari dalam diri (faktor intern) juga dari luar (faktor ekstern). Faktor sosial ekonomi orang tua, motivasi, fasilitas belajar di rumah, merupakan faktor yang berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Penyediaan fasilitas belajar di rumah oleh orangtua merupakan faktor eksternal yang juga sangat mempengaruhi hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui dokumentasi, angket pada populasi dan sampel, kemudian mengetes atau pengujian. Melakukan penilaian kualitas instrumen penelitian melalui penilaian kualitas angket pada bagian uji validitas dan uji reliabilitas. Hasil penelitian merangkum temuan penelitian sebagai berikut: (1) Regresi linier multiple antara variabel Y atas X1 dan X2 diperoleh. Dari regresi tersebut dapat dikatakan bahwa status sosial orangtua lebih mempengaruhi hasil belajar siswa dibandingkan fasilitas belajar. (2) Hubungan status sosial orangtua denganhasil belajar ekonomi siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Pematangsiantar Tahun Pelajaran 2018/2019 adalah cukup tinggi (0,72). (3) Hubungan fasilitas belajar dengan hasil belajar ekonomi siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Pematangsiantar Tahun Pelajaran 2018/2019 adalah cukup tinggi (0,66). (4) Hubungan antarastatus sosial orangtua dan fasilitas belajar dengan hasil belajar ekonomi siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Pematangsiantar Tahun Pelajaran 2018/2019 adalah cukup tinggi (0,72).
MARDHATILLAH SEBAGAI TUJUAN AKHIR PENDIDIKAN ISLAM Endi Suhendi
Jurnal pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi Vol 2, No 1 (2022): Jurnal pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi
Publisher : Jurnal pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (257.626 KB)

Abstract

Hidup bahagia merupakan dambaan setiap manusia, namun di manakah kebahagiaan itu dapat kita peroleh. Sebagian orang beranggapan dengan harta dia dapat hidup bahagia, sebagian yang lain beranggapan dengan jabatan yang tinggi lah dia dapat hidup bahagia dan ada pula yang beranggapan bahwa ilmu adalah sumber kebahagiaan hidup. Kekeliruan pandangan tentang sumber kebahgiaan telah mengakibatkan melencengnya paradigma manusia dalam menentukan tujuan hidupnya. Bagi manusia beriman tentu akan mengetahui bahwa sesungguhnya suber kebahagiaan hakiki bukan ada pada harta, jabatan, ilmu dan lain sebagainya melainkan ada pada keridhaan Allah swt. (mardhatillah). Oleh karena itu tujuan akhir dari kehidupan sorang mukmin tiada lain adalah menggapai ridha Allah swt. Implikasinya pada pendidikan Islam adalah mardhatillah harus menjadi tujuan akhir dari pendidikan Islam itu sendiri. Karena hakikat dari tujuan pendidikan Islam adalah membentuk manusia yang memiliki karakter ibadurrahman, yaitu manusia yang memiliki komitmen untuk menyembah Allah dan dia mampu memelihara keharmonisan dalam hubungan sesama manusia dan dengan makhluk Allah lainnya. Dan karakter itulah yang akan mendatangkan ridha Allah swt.
Pengembangan LKS Berbasis Jucama Untuk Meningkatkan Berpikir Kreatif Matematis yenni yenni
Jurnal pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi Vol 1, No 2 (2021): Jurnal Pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian dan Inovasi
Publisher : Jurnal pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (276.553 KB)

Abstract

Fajrizal, R. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Pegajuan dan Pemecahan Masalah (JUCAMA) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Ditinjau Dari Kemandirian Belajar. Skripsi. UIN Raden Intan Lampung.Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.Hendriana, H., Rohaeti, E. E., Sumarmo, U. (2018). Hard Skill dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: PT Refika Aditama.Mulyatiningsih, Endang. 2012. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: AlfabedaNovianti, D. E., Khoirotunnisa, A. U. 2016. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pengajuan dan Pemecahan Masalah Pada Mata Kuliah Program Linear Prodi Pendidikan Matematika IKIP PGRI Bojonegoro. Ilmiah Pendidikan Matematika.Nurdin, S., Adriantoni. 2016. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.Siswono, T. Y. 2018. Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan dan Pemecahan Masalah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.Sugiono. 2018. Metode Peneltian Kuantitatif, Kualitatif, dan RD. Bandung: AlfabetaWidiawati, W. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kontekstual Pada Pokok Bahasan Faktorisasi Aljabar Yang Memuat Soal-Soal Literasi Matematika. Skripsi, tidak dipublikasi. UNTIRTA.Yenni Putri, S. E. 2017. Optimalisasi Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP Melalui Pembelajaran Everyone is a Teacher Here. Jurnal JNPMYenni. 2017. Bahan Ajar Evaluasi Hasil Belajar Matematika. Tangerang: FKIP UMT Press
PERAN ORANGTUA DALAM MENDIDIK ANAK DI GEREJA BAPTIS MENEHI SENTANI Willius Kogoya
Jurnal pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi Vol 2, No 1 (2022): Jurnal pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi
Publisher : Jurnal pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (192.738 KB)

Abstract

Peran orangtua dalam pendidikan anak sangat penting dalam peletakan pondasi dalam kehidupan anak-anaknya.  Baik buruknya sifat, tingkah laku, kepribadian seorang anak, dipengaruhi oleh bagaimana orangtua mendidik mereka. Namun kenyataannya, orangtua cenderung membiarkan anak-anak bertumbuh dengan sendirinya, menyerahkan pendidikan sepenuhnya kepada gereja atau sekolah. Dengan menggunakan metode kualitatif, penelitian ini bertujuan untuk menelisik fakta lapangan tentang dampak negatif dari kurangnya peran orangtua Kristen dalam mendidik anak-anaknya, untuk kemudian berusaha menemukan solusi yang dapat bermanfaat sebagai masukan bagi orang-orang yang berpengaruh di Gereja Baptis Menehi Sentani. Sampel yang diambil berjumlah lima belas orang, terdiri dari delapan orangtua dan tujuh orang anak/pemuda/remaja.  Dari hasil penelitian diperoleh fakta bahwa ditemukan sekitar 50% anak-anak di Gereja Baptis Menehi Sentani memiliki perilaku yang menyimpang sebagai akibat kurangnya peran orangtua dalam mendidik anak-anaknya.  Maka dipandang perlu untuk meningkatkan peran orangtua dalam mendidik anak untuk memperbaharui perilaku anak.

Page 1 of 11 | Total Record : 107